Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

32 % UNTUK RTM

Rabu, 17 April 2013 Sosial
TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan UPK Kecamatan Kandangan memberikan bantuan dana sosial alokasi tutup buku tahun 2012. Penyerahan Bantuan secara simbolis diberikan langsung oleh Wakil Bupati Temanggung Ir. Budiarto, MT  di halaman kantor Kecamatan Kandangan Selasa (16/04).
      Hadir dalam acara tersebut Ketua Pengerak PKK Ibu Eny Budiarto, Kepala Bapermades Drs. Sigit Purwanto, MM, , Pimpinan Bank Jateng Temanggung, Camat Kandangan, Muspika Kecamatan Kandangan, dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Kandangan.
      Berdasarkan laporan ketua PNPM mandiri Pedesaan UPK Kecamatan kandangan Iwan Setiawan, SE, pada akhir tahun 2012 ini surplus bersih atau keuntungan bersih UPK kecamatan Kandangan sebesar Rp.560.295.631,00.
      Dari keuntungan tersebut Iwan menambahkan, 32%  sejumlah Rp. 163.600.000,- digunakan untuk kegiatan sosial yang diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu dan RTM yang diberikan dalam bentuk bantuan bibit kambing untuk 52 orang, pemugaran rumah untuk 16 rumah tidak layak huni, bantuan sarana usaha untuk usaha kecil, dan bantuan isidentil bagi keluarga kurang mampu.
      Camat Kandangan Tri Raharjo, mengatakan PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Kandangan ini sungguh luar biasa pengelolaannya sehingga mendapat juara di tingkat Nasional  sebagai penggerak Program PNPM mandiri pedesaan terbaik.
      Selain itu dengan  keberadaan PNPM di kecamatan sangat membantu menurunkan jumlah RTM dengan kajian jumlah RTM di Kecamatan Kandangan dari tahun demi tahun terus mengalami penurunan yang cukup siknifikan,”ungkapnya.
      Dalam sambutannya, Wakil Bupati Temanggung menyampaikan banyak terima kasih kepada PNPM mandiri pedesaan UPK Kecamatan Kandangan dan semua pihak yang  telah berperan ke dalam kegiatan ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Meningat bahwa berdasarkan pendataan di Kabupaten Temanggung masih banyak RTM.
      UPK merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari PNPM yang sejak awal kehadirannya sebagai program yang berkomitmen untuk menangani dan mengurangi angka kemiskinan di Indonesia yang sampai saat ini masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan.
      Kehadiran PNPM dan UPK tidak sekedar mengajak masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan pembangunan semata namun juga memberikan akses bagi masyarakat miskin pada khususnya untuk memperoleh kehidupan yang layak dan sejahtera.
      Maka dalam kesempatan itu berharap UPK terus melanjutkan dengan baik sehingga 5 tahun kedepan bias mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Temanggung . kepada penerima bantuan wabub meminta  untuk bias manfaatkan bantuan yang telah diberikan dan digunakan dengan baik.(Hms13/Paul)

Berita Terkait