Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

UPACARA DENGAN PAKAIAN TRADISIONAL

Kamis, 18 April 2013 Umum
TEMANGGUNG, Pegawai di lingkungan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Temanggung, menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih pada 17 April 2013 di halaman kantor tersebut dengan berpakaian tradisional, Rabu (17/4).
     Pakaian tradisional dipilih sebagai ganti seragam Korpri untuk penghormatan dan sekaligus peringatan Hari Kartini. Semua petugas upacar juga perempuan.
     Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Temanggung Rony Nurhastuti yang menjadi inspektur upacara itu  mengatakan, jauh sebelum Indonesia merdeka, RA Kartini sudah berjuang untuk membuka tabir kegelapan bagi kaum perempuan yang dikenal dengan emansipasi.
     "RA Kartini berteriak lantang untuk memperjuangkan kaum perempuan  memperoleh pendidikan sejajar dengan pria," katanya.
     Dikatakan dalam memperjuangkan cita-citanya tersebut, Kartini tetap lemah lembut, santun kepada orang tua, dan taat kepada suami.
     Di era globalisasi saat ini, katanya, kaum perempuan sudah dapat menguasai dunia, namun harus tetap sopan dan tidak sombong.
     "Kaum perempuan harus tetap mencontoh RA Kartini, bekerja dengan baik, hormat dan sayang kepada suami dan keluarga, menghargai atasan, bekerja sama dengan kaum pria dan menjadi teladan bangsa," katanya.
     Rony mengemukakan, RA Kartini akan menangis jika kaum perempuan yang telah diperjuangkannya saat ini menjadi perempuan yang congkak, berani terhadap orang-orang yang seharusnya dihormati, dan menjadi perempuan yang kehilangan jatidirinya, tandasnya.(Hms13/Paul)

Berita Terkait