Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WABUP Ir BUDIARTO, MT; KARYAWAN PATUHI PROSEDUR KERJA SUPAYA SELAMAT

Jumat, 26 April 2013 Umum
TEMANGGUNG, Wakil Bupati Temanggung Ir. Budiarto, MT minta para pengelola perusahaan meningkatkan menegemen usahanya supaya maju dan berkembang. Demikian juga kepada karyawan ditekankan bekerja keras  dengan tetap berpedoman pada prosedur kerja supaya selamat.
     Hal itu dikatakan Wakil Bupati disela-sela kunjungan kerja meninjau  3 perusahaan yakni PT. Karya Manungal  penghasil kayulapis  di Desa Kedungumpul Kandangan dan PT. Dharma Satya Nusantara  penghasil kayu lapis di Desa Kranggan  Rabu  kemarin (24/4). Dalam peninjauan itu Wabup didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan pejabat terkait. Dalam peninjauan tersebut, Wabup bersama rombongan diterima pimpinan perusahaan masing-masing.
     “Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung dilapangan mengenai kegiatan operasional produksi  sekaligus bersilaturahmi agar terjalin hubungan yang sinergis antara Pemkab dengan perusahaan. Yang terpenting bagi Pemkab, perusahaan bisa berjalan lancar tanpa kendala dan bisa menyerap tenaga kerja lokal” tandasnya seraya berharap  perusahaan mematuhi aturan  perijinan, amdal  dan ketentuan lainnya  serta menjaga hubungan baik dengan lingkungan.
     Menurut Wabup  setelah mendengar langsung penjelasan  manager dan melihat opersional kegiatan usahanya, secara umum  roda perusahaan berjalan cukup baik. Namun demikian pola menegemen perlu ditingkatkan supaya maju dan berkembang. Dengan mengembangkan pola menegemen yang efektif dan efisien maka memungkinkan perusahaan meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas pasar sehingga orientasi keuntungan bisa tercapai. Disisi lain seiring berkembangnya perusahaan maka otomatis dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak guna mengurangi penganggguran.
     “Kepada para karyawan saya tekankan bekerja keras anggaplah perusahaan tempat bekerja seperti milik sendiri  sehingga dalam bekerja bisa merasa nyaman. Selain itu hendaknya mematuhi prosedur yang ditetapkan agar  keselamatan dan kesehatan kerja dapat terwujud “ pintanya.
     Manager PT. Karya Manungal  Haryo Dewandono menjelaskan, perusahaan yang dipimpinnya saat ini  mampu menyerap 500 tenaga kerja dari  desa sekitar. Produk yang dihasilkan berupa kayu lapis  yang dipasarkan untuk memenuhi pasar luar negeri diantaranya diekspor ke Taiwan. Secaraumum operasioanl perusahaan dapat berjalan lancer berkat kerjasama yang baik antar karyawan.
     Sedang pimpinan PT.Dharma Satya  Nusantara  Tejo sumarto menjelaskan dengan dukungan ratusan tenaga kerja, operasional perusahaan bisa berjalan lancar. Produk yang dihasilkan berupa kayu lapis  dipasarkan ke sejumlah negara di kawasan Asia Timur dan Eropa. Kedepan berencana meningkatkan kapasitas produksi supaya lebih banyak lagi tenaga kerja yang terserap.
     Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Suminar Budi Setiawan  menjelaskan, selama ini jalinan komunikasi dengan bebagai perusahaan utamanya dengan  perusahaan yang bergerak di sektor produk kayu lapis berjalan harmonis. Dengan demikian segala sesuatu yang berkaitan dengan operasional perusahaan maupun masalah ketenagakerjaan berjalan lancar.  (Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait