Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SIDANG KELILING AKTE KELAHIRAN

Selasa, 30 April 2013 Umum
TEMANGGUNG, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Temanggung menggelar sidang keliling pencatatan kelahiran yang terlambat 1 tahun untuk pembuatan akte kelahiran. Sidang dilakukan keliling di 20 kecamatan, mengawali siding diselenggarakan di kecamatan  Temanggung Senin (29/4).
     Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Agus Wahyudi Budiono  disela-sela memantau jalannya sidang menjelaskan , program sidang keliling pencatatan kelahiran yang terlambat 1 tahun untuk pembuatan akte kelahiran dilakukan bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Temanggung. Program tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi warga kurang mampu dan atau sangat miskin untuk mencatatkan  kelahirannya yang terlambat 1 tahun secara gratis. Hasil putusan sidang  dijadikan dasar untuk pembuatan akte kelahiran .
     “Program sidang keliling pencatatan kelahiran sepenuhnya dibiayai APBD Kabupaten  dengan sasaran rumah tangga miskin. Jadi mereka yang mengajukan sidang tidak dipungut biaya  agar bisa memiliki akte kelahiran.  Sasaran target program ini 1900 orang tersebar di 20 kecamatan“ ujarnya.
     Sakroni warga Kelurahan Telogorejo menuturkan merasa  terbantukan  adanya layanan sidang pencatatan kelahiran yang diselenggarakan pemerintah secara gratis. Dia mengaku  memiliki 4 orang anak yang belum meiliki akte kelahiran. Untuk mengurusnya  tidak mempunyai biaya, sehingga  adanya program tersebut  sangat meringankan guna mendapatkan akte kelahiran.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait