Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

LKPJ BUPATI TEMANGGUNG TAHUN 2012 DIREKOMENDASI DEWAN

Selasa, 30 April 2013 Umum
TEMANGGUNG, DPRD  Kabupaten Temanggung akhirnya memberikan rekomendasi  mengenai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Temanggung tahun  2012 dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) Bupati Temanggung tahun  2008 - 2013. Rekomendasi tersebut disampaikan dalam rapat paripurna istimewa Sabtu  kemarin (27/4) di ruang rapat DPRD Temanggung. Rapat dipimpin Wakil Ketua Dewan Mukhamdi  didampingi wakil ketua, dihadiri  Bupati, FKPD, Wakil Bupati, Sekda  dan Pimpinan SKPD serta diikuti segenap anggota Dewan.
     Rekomendasi disampaikan  setelah Dewan menerima keputusan  Badan Anggaran tentang  rekomendasi   mengenai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Temanggung tahun  2012 dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) Bupati Temanggung tahun  2008 - 2013.
     Juru bicara Dewan Tunggul Purnomo  menjelaskan DPRD menyampaikan sejumlah rekomendasi  setelah menginventarisir berbagai permasalahan yang ditemukan dilapangan  baik yang menyangkut kegiatan pemerintahan maupun pembangunan. Untuk LKPJ  2012 diantaranya  masih  ditemukan  wajib KTP  sebanyak 60.851 yang belum  terekam datanya. Selain itu masih ditemukan kelebihan  data  pada sajian data potensi wajib KTP. Terkait masalah tersebut dewan merekomendasi hendaknya  Dispendukcapil melakukan perekaman data sampai akhir semester I tahun 2013 bisa dituntaskan. Selain itu melakukan pemutakhiran  data dengan meksimalisasi pemanfaatan sarana IT yang ada di desa dan kelurahan.
     Untuk Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) Bupati Temanggung tahun  2008 2013 diantaranya  memberikan rekomendasi  penyelenggaraan pemerintahan  yang dilaksanakan  Bupati cukup baik, ditandai diperelehnya opini dari Badan Pemeriksa keuangan (BPK) pada Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk tahun anggaran 2012. Namun demikian masih  terdapat tahapan-tahapan yang tertuang  dalam RPJMD yang perlu mendapat catatan yaitu  pada tahapan konsolidasi yang seharusnya  sudah tercapai pada tahap pertama ternyata  belum terlaksana dengan baik. Hal tu  dicontohkan masih  terdapat kebijakan beberapa SKPD yang tumpang tindih, serta koordinasi antar SKPD belum sepenuhnya terlaksana dengan baik.
     DPRD memberikan apresiasi yang tinggi atas diraihnya opini  Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK. Hal itu menunjukkan  prestasi kerja  kepemimpinan Bupati Hasyim Afandi dan Wakil Bupati Budiarto dalam menyelenggarakan kegiatan pemerintahan dan pembangunan kurun waktu 2008-2013 tandasnya.
     Sedang Bupati Hasyim Afandi  menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi  kepada DPRD  yang merekomendasi terhadap  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban ( LKPj ) Bupati Temanggung tahun  2012 dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) Bupati tahun  2008 2013. Atas saran dan masukan   diperhatikan  dan ditindaklanjuti sesuai ketentuan untuk perbaikan kedepan.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait