Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Rakor Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung

Selasa, 09 Oktober 2018

    TEMANGGUNG, Pemkab Temanggung, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung menyelenggarakan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung Tahun 2018. Hadir dalam rapat tersebut Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jateng, FKPD Kabupaten Temanggung, Komisi B DPRD Kabupaten Temanggung, Camat Se Kabupaten Temanggung, Kepala UPT Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Se Kabupaten Temanggung, Kelompok Tani dan Nelayan Andalan, serta Komisi Penyuluhan Kabupaten Temanggung.
    Dewan Ketahan Pangan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 29 tahun 2018, bertugas membantu bupati dalam merumuskan kebijakan pengendalian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Kabupaten Temanggung. Adapun tugas dari Dewan Ketahanan Pangan meliputi kegiatan di bidang penyediaan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman pangan, pencegahan dan penanggulangan masalah pangan dan gizi.
    Diharapkan dengan adanya Dewan Ketahan Pangan di Kabupaten Temanggung ini maka kecukupan pangan sampai dengan perseorangan akan tercukupi, dalam artian dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Temanggung, bukan hanya tersedia di gudang-gudang, distributor dsb.
    Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung telah melakukan berbagai terobosan guna menunjang kesejahteraan petani, antara lain dengan melakukan pemberdayaan Lumbung Pangan Masyarakat, pengisian gudang cadangan pangan sebagai antisipasi kerawanan pangan, pendampingan desa mandiri pangan, model pengembangan kemandirian desa untuk mendukung ketersediaan pangan. Fasilitasi distribusi dan akses pangan, pembinaan lembaga distribusi pangan masyarakat, pengembangan usaha pangan masyarakat juga intensif dilakukan.
    Selain itu penguatan ekonomi masyarakat juga dilakukan melalui  pemanfaatan pekarangan, pengembangan pengolahan pangan lokal, pendampingan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan,  serta optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan kawasan rumah pangan lestari.  
    Rakor Dewan Ketahanan Pangan ini menjadi salah satu perwujudan peran dan fungsi Dewan Ketahanan Pangan di Kabupaten Temanggung dalam merumuskan kebijakan serta melaksanakan evaluasi dan pengendalian, guna mewujudkan ketahanan pangan untuk kesejahteraan petani. (hms 18/redaksi)

 

Berita Terkait