Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MENJANGKAU KE SELURUH LAPISAN MASYARAKAT

Kamis, 02 Mei 2013 Pendidikan
Temanggung, Ikhtiar kita dalam memajukan dunia pendidikan manjadi semakin berkualitas dan akses pendidikan bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan semakin terbuaka dan dapat segera terwujud. Hal ini di sampaikan Bupati Temanggung, Drs. Hasyim Afandi, saat membacakan sambutan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional di halaman Setda Kabupaten Temanggung (02/05).
     Dalam kesempatan itu mentri pendidikan dan kebudayaan juga menyampaikan permohonan maaf atas persoalan penyelenggaraan ujian Nasional Tingkat SMA tahun ini. Diharapkan dengan adannya persoalan ini bisa menjadikan pelajaran untuk bisa memberikan pelayannan kepada masyarakat lebih baik lagi.
     Ibarat tubuh, agar tahan terhadap berbagai macam penyakit haruslah daya imunitasnya ditingkatkan, satu di antara upayanya adalah melalui vaksinasi. Dalam perspektif sosial kemasyarakatan ada tiga penyakit sosial yang sangat besar dampak negatifnya yaitu kemiskinan,ketidaktahuan dan keterbelakangan beradaban. Bagaimana caranya menaikkan daya tahan (imunitas) sosial agar terhindar dari ketiga macam penyakit tersebut? Jawabannya adalah pendidikan .
      Oleh karena itu, pendidikan dapat menjadi vaksin sosial. Selain sebagai vaksin sosial, pendidikan juga merupakan elevator sosial untuk dapat meningkatkan status sosial. Dua hal itulah yang melatarbelakangi tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, yaitu” Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan”. Tema ini merupakan cerminan dari jawaban terhadap tantangan, persoalan, dan harapan seluruh masyarakat dalam menyiapkan generasi yang lebih baik. Layanan pendidikan haruslah dapat menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan prinsip pen didikan untuk semua (Education for All) tanpa membedakan asal - usul, status sosial, ekonomi, dan kewilayahan.
      Sesuai, UUD 1945 mengamanatkan bahwa setiap warga Negara berhak memperoleh pendidikan dasar dan negara wajib membiayainya (Pasal 31 ayat 1 dan 2 UUD 1945). Oleh karena itu, pemerintah pusat dan daerah bersama sama masyarakat telah berusaha memenuhi amanat tersebut melalui pembangunan sekolah sekolah di seluruh Indonesia, termasuk di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).(HMS13/Paul).

Berita Terkait