Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Hasil Pemilu Legislatif

Selasa, 21 April 2009 Politik
Tiga Partai Baru Akan Mengisi Kursi DPRD

Temanggung, KPUD Temanggung selama tiga hari mulai 16 18 April 2009 telah melakukan rapat pleno terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Sementara Pemilu Legislatif untuk pemilihan DPRD Kabupaten Temanggung. Penghitungan berlangsung di Pendopo Pengayoman dihadiri anggota KPU, saksi dari Parpol peserta pemilu, Panwas, dan elemen masyarakat. Pada hari ketiga penghitungan selesai pada pukul 16.00 WIB dan diteruskan dengan penandatangan oleh anggota KPU dan semua saksi dari parpol.
Dari penghitungan akhir sementara sebanyak sepuluh partai mendapatkan kursi DPRD yang berjumlah 45 kursi yakni Partai Hanura 3 kursi, Partai Gerindra 3 kursi, Partai PKS 1 kursi, Partai PAN 7 kursi, PartaiPKB 6 kursi, Partai Golkar 6 kursi, PPP 5 kursi, PDIP 7 kursi, Demokrat 5 kursi dan PKNU 2 kursi.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil unggul dengan jumlah 64.233 suara urutan nomor dua diperoleh Partai Golkar dengan 49.540 suara.  Sedangkan PAN diurutan nomor tiga dengan perolehan 48.819 suara namun perolehan kursinya lebih banyak dari Partai Golkar yaitu 7 kursi. Perolehan suara lainnya Partai Demokrat 42.448 suara, PPP 41.528 suara, PKB 41.243 suara, PKNU 25.141 suara, Hanura 23.921 suara, PKS 21.457 suara dan Gerindra 19.020 suara.
Persaingan ketat terjadi di Daerah Pemilihan (Dapel) 1 untuk Kecamatan Temanggung, Tembarak, Selopampang, dan Tlogomulyo. Sembilan kursi dibagi habis oleh sembilan partai kecuali Partai Hanura. Sedangkan di Dapel 2 dan 3, PAN memperoleh masing-masing dua kursi. PDIP memperoleh dua kursi di Dapel 2 dan Demokrat memperoleh dua kursi di Dapel 4.
Jika dibandingkan dengan perolehan jumlah kursi pada pemilu tahun 2004, maka Partai Golkar kehilangan 5 kursi, PDIP kehilangan 2 kursi, PPP kehilangan 1 kursi, PKS kehilangan 3 kursi. Dua partai yakni PAN menambah 2 kursi dan Demokrat menambah 4 kursi. Sedangkan PKB tetap pada 6 kursi. Tiga Partai baru akan memperoleh kursi di DPRD yakni Partai Hanura, Partai Gerindra dan PKNU.
Menurut Sekretaris KPUD Temanggung, Drs. Witarso SP, penghitungan sebelumnya telah dilakukan di masing-masing PPK selama 5 hari. Selanjutnya hasil rekapitulasi di PPK dilanjutkan di tingkat KPU yang berakhir pada tanggal 18 April lalu. Selama penghitungan tidak ada kendala yang berarti yang ditunjukkan dengan ditandatanganinya hasil rekapitulasi oleh semua saksi-saksi dari partai politik.
Hasil rekapitulasi ini, tambah Witarso, akan diteliti kembali kebenarannya dan akan dijadikan dasar untuk menetapkan caleg jadi yang disesuaikan dengan jumlah kursi di DPRD. (Arbai-Humas)
.

Berita Terkait