Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB TETAP LESTARIKAN TEMBAKAU

Kamis, 08 April 2010 Pemerintahan
PEMKAB TETAP LESTARIKAN TEMBAKAU

TEMANGGUNG, Pada Tahun 2010 Pemerintah Temanggung akan melaksanakan prioritas proyek yang sesuai dengan visi Kabupaten Temanggung. Demikian yang disampaikan Bupati Temanggung dalam jumpa pers Selasa (6/4). Pemkab fokus pada beberapa bidang, yaitu bidang kesehatan, pertanian dan Usaha Mikro Kecil (UMK). Dalam bidang kesehatan, Pemkab akan membangun Rumah Sakit dengan dana sebanyak 3 milyar, dengan membuat klinik rawat jalan. Sedangkan bidang UMK Pemkab akan membangun Pasar Temanggung dan Pasar Parakan. Dipertengahan bulan April, Pemkab akan membuka pendaftaran investor untuk pembangunan pasar dan pastinya ditambah 30% dari dana APBD.
     Selain itu pada Tahun 2010 dan dengan adanya RPP tentang tembakau, Pemkab akan tetap melestarikan pertembakauan di Temanggung dengan masterplan yang sudah disiapkan agar tembakau Temanggung tidak hilang. Untuk itu Pemkab terus menjalin kemitraan bersama  petani, dan diharapkan taraf hidup petani tetap sejahtera. Karena di Temanggung setiap tahunnya dapat menghasilkan 7000 ton tembakau dengan kualitas baik, selain Demak dan NTB. Bupati juga menambahkan, persoalan tembakau harus juga di lihat dari segi ekonomi dan kesejahteraan, jangan hanya di lihat dari segi kesehatan saja.
     Pemkab juga tetap akan melakukan pembangunan rutin, yaitu pembangunan jalan yang rusak dan jalan yang perlu diperbaiki. Sebagai evaluasi di tahun 2009, Kabupaten Temanggung mengalami peningkatan sekitar 72,9 %. Sehingga Temanggung sudah tidak tertinggal dari daerah lain, terutama dalam bidang kesehatan dan pendidikan. Acara tersebut di hadiri beberapa SKPD dan wartawan media elektronik dan cetak.

ICON PERTANIAN
     Tembakau merupakan icon pertanian di Kabupaten Temanggung, selain kopi dan padi. Dengan adanya RPP tentang Tembakau, Pemkab tetap akan melestarikan tembakau. Karena sebanyak 40% pasokan tembakau di Jawa Tengah berasal dari Temanggung. Hal ini menandakan bahwa Pemkab sangat perduli dengan kesejateraan para petani. Dan dalam setahun saja tembakau yang dihasilkan oleh petani mencapai 7.000 ton. Pemerintah juga mencoba untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan tidak hanya dari hasil tembakau saja tetapi bisa memanfaatkan lahan di antara tanaman tembakau, misalnya dengan sistem terasering, tembakau bisa ditanami tanaman seperti tanaman kaliandra dan tanaman suren yang bisa dimanfaatkan. Seperti pola yang sudah pernah diterapkan “POLA TLAHAP” selain tembakau juga diselangi kopi, sayur-sayuran yang akan menjadi pendapatan diluar pendapatan dari tembakau.
     Temanggung juga termasuk salah satu penghasil tembakau yang baik selain Demak dan NTB, karena merupakan tembakau pengunungan sehingga memiliki ciri khas khusus. Pemerintah juga berusaha untuk menjalin kemitraan bersama petani, dengan bekerjsama dengan beberapa pabrik rokok. Dan sebagaimana nantinya tembakau Temanggung bisa menjadi komoditi utama daerah yang bisa menambah pendapatan daerah selain dari sektor lain. Pemkab juga menganjurkan petani tidak hanya sebagai penghasil tembakau saja tetapi bisa sebagai menjual tembakau ke luar daerah agar tembakau Temanggung lebih terkenal. (Hms10/Des)

Berita Terkait