Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

RATUSAN TENAGA KONTRUKSI IKUTI PELATIHAN

Selasa, 21 Mei 2013 Umum
TEMANGGUNG, Guna meningkatkan kesejahteraan pekerja bangunan khususnya tukang batu, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Kabupaten Temanggung bersama PT. Semen Gresik (Persero) menggelar pelatihan dan sertifikasi tukang batu di Omah Kebon Temanggung, Senin (20/5).
     Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Temanggung, Ir. Budiarto, MT, Kepala Bapermades Kabupaten Temanggung, Keluarga Besar PT. Semen Gersik, Perwakilan LPJK, Camat Se- Kabupaten Temanggung, dan diikuti Ratusan tukang batu yang berasal dari 20 kecamatan yang selanjutnya akan mendapatkan pelatihan jasa konstruksi.
     Anggota Bidang II Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Jawa Tengah, Kartono Wibowo mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1999 Tentang Jasa Konstruksi mewajibkan kontraktor mempekerjakan tukang atau kepala tukang bangunan yang bersertifikat. Menurutnya, sertifikasi tersebut nantinya akan berimbas pada jaminan keamanan dan keselamatan pembangunan jasa konstruksi.
     "Sertifikasi tukang batu merupakan proses seleksi untuk mendapatkan tenaga ahli yang memiliki kemampuan standar. Harapannya kualitas pekerjaannya akan meningkat dari sisi kualitas dan keamanan," katanya.
     Sementara itu, Perwakilan PT. Semen Gresik (Persero), menjelaskan, pihaknya sudah menggelar program pelatihan dan sertifikasi tukang batu sejak 2001 lalu. Akan tetapi, pelatihan itu baru dilaksanakan di daerah mulai 2007.
     "Pelatihan dan sertifikasi tukang batu ini merupakan bentuk kepedulian kami sebagai perusahaan milik pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan tukang. Dengan adanya sertifikasi tukang batu kami pun berharap kontraktor besar berskala nasional bisa menariknya menjadi tenaga kerja," jelasnya.
     Sementara Wakil Bupati Temanggung dalam kesempatan itu memberikan aspresiasi kepada PT. Semen Gersik, yang telah peduli terhadap mutu tenaga kontruksi di Kabupaten Temanggung, semoga dengan sertifikasi ini bisa menambah kokohnya perekonomian dikabupaten Temanggung.(Hms13/Paul)

Berita Terkait