Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KPU TERAPKAN PERHITUNGAN CEPAT

Rabu, 22 Mei 2013 Umum
TEMANGGUNG, Penghitungan cepat hasil pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) bupati pada Minggu (26/05/2013), akan diterapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Temanggung untuk memberikan informasi kepada masyarakat. "Penghitungan cepat hanya pada pelaksanaan Pemilukada Temanggung, untuk Pemilukada (Pigub) Jateng dilakukan KPU Propinsi," tegas Ketua KPU Temanggung, Sujatmiko, Selasa (21/05) kemarin.
      Kendati ada hitung cepat, yang menjadi patokan tetap hasil dari penghitungan manual. Hitung cepat ini dilaporkan oleh masing-masing panitia pemungutan suara di tingkat desa langsung ke KPU Temanggung melalui pesan singkat (SMS). Pengirim hasil perolehan suara hanya ketua PPS karena nomor teleponnya sudah terdaftar di 'software' KPU. " Nomor telepon yang tidak terdaftar tidak bisa masuk ke perangkat tersebut. Itu pun, sore harinya harus disusuli dengan lembar rekapitulasinya," katanya.
      Sujatmiko mengatakan, hasil akhir rekap manual di PPS akan dilakukan pada 27 Mei 2013, di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada 29 Mei 2013, dan di tingkat KPU Temanggung dilakukan pada 1 Juni 2013. Dengan hasil akhir rekap manual di KPU tersebut baru bisa diketahui apakah pemilukada berlangsung satu putaran atau dua putaran. "Sebelum 1 Juni 2013 meskipun telah ada hitung cepat yang mungkin juga dilakukan oleh lembaga survei, hasil tersebut belum resmi dan KPU hanya menggunakan hasil manual," katanya sembari mengharap agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik, waktu pencoblosan pada Minggu (26/05/2013) berakhir pukul 13.00 WIB.(Hms13/Paul)

Berita Terkait