Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI PANTAU PEMILUKADA

Senin, 27 Mei 2013 Umum
TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi didampingi Ketua KPU Sujatmiko dan pejabat terkait  hari Minggu Kemarin  (26/5) melakukan pemantauan Pemilihan Kepala Daerah baik untuk Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah maupun untuk Pemilihan Bupati/ Wakil Bupati Temanggung.  Pemantauan bertujuan  untuk mengetahui secara langsung dilapangan tentang pelaksanaan Pilkada yang sebelumnya  sudah diawali dengan kampanye.
     Bupati bersama rombongan  melakukan pemantuan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS)  di Kecamatan Candiroto, Bejen, Tretep, Wonoboyo dan Kecamatan Ngadirejo. Dikemukakan, setelah melakukan pemantauan, secara umum pelaksanaan Pilkada baik Pemilihan Gubernur Jateng maupun emilihan Bupati Temanggung berjalan lancar, tertib dan aman. Tingkat partisipasi pemilih diatas 80 persen, ini menujukkan bahwa kesadaran masyarakat pemilih dalam menggunaklan hak pilihnya cukup baik. Jika ada yang tidak dating ke TPS kebanyakan warga yang merantau di luar daerah sehingga tidak pulang untuk mencoblos.
     Bupati berharap siapapun nanti yang terpilih menjadi Bupati  hendaknya  mampu merangkul semua pihak  baik yang mendukung maupun yang tidak mendukung  serta seluruh warga masyarakat untuk bersatu padu membangun daerah. Dengan demikain   kesejahteraan masyarakat yang menjadi sasaran akhir dari seluruh kegiatan pembangunan dapat terwujud.
     Kalah dan menang dalam Pilkada adalah hal biasa, oleh karena itu  kepada segenap masyarakat  pasca pilkada nanti hendaknya  tetap  guyub rukun menjaga kondusifitas  daerah tetap aman dan damai pintanya.
     Ketua KPU Sujatmiko  mengatakan,  pemungutan suara baik untuk Pemilihan Gubernur/ Wakil Gubernur Jawa Tengah maupun untuk Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Temanggung berlangsung di  1717 TPS  yang tersebar di 289 Desa/Kelurahan 20 Kecamatan. Di tiap TPS disediakan  dua kotak surat suara, satu kotak untuk memasukkan surat suara pemilihan gubernur dan satu kotak lagi untuk memasukkan surat suara pemilihan bupati. Pada pelaksanaan pemungutan suara 26 Mei 2013 untuk Pemilihan Gubernur/Wakil gubernur Jawa Tengah diikuti 3 pasangan calon yakni pasangan calon nomor utut 1 Hadi Prabowo-Don Murdono, pasangan calon nomor urut 2 Bibit Waluyo-Soedijono dan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo Heru Sujatmoko. Sedang pemilihan Bupati/Wakil Bupati Temanggung diikuti  lima bakal pasangan calon yakni pasangan calon nomor urut 1  Budiarto-Dedi Haryadi yang diusung Partai Golkar, Demokrat, PPP, Hanura dan PKNU. Pasangan calon nomor urut 2, Fuad Hidayat-Andoyo diusung PKB dan Gerindra, Pasangan calon nomor urut 3 Bambang Sukarno-Irawan Prasetyadi yang diusung  PDI Perjuangan. Sedang dua pasangan calon lainnya yakni  pasangan  calon perseorangan nomor urut 4  Hadi Kuswanto-Tri Murdoko dan Pasangan calon nomor urut 5, Anif Punto-Budidoyo yang diusung Partai Amanat Nasional.
     Dia mengatakan Terkait dengan penghitungan  hasil Pemungutan suara  KPU akan melakukan Penghitungan cepat hasil pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) bupati untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Penghitungan cepat hanya pada pelaksanaan Pemilukada Temanggung, untuk Pemilukada (Pigub) Jateng dilakukan KPU Propinsi.
     Kendati ada hitung cepat, yang menjadi patokan tetap hasil dari penghitungan manual. Hitung cepat ini dilaporkan oleh masing-masing panitia pemungutan suara di tingkat desa langsung ke KPU Temanggung melalui pesan singkat (SMS). Pengirim hasil perolehan suara hanya ketua PPS karena nomor teleponnya sudah terdaftar di 'software' KPU.  Sujatmiko mengatakan, hasil akhir rekap manual di PPS akan dilakukan pada 27 Mei 2013, di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada 29 Mei 2013, dan di tingkat KPU Temanggung dilakukan pada 1 Juni 2013. Dengan hasil akhir rekap manual di KPU tersebut baru bisa diketahui apakah pemilukada berlangsung satu putaran atau dua putaran.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait