Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PASANGAN BAMBANG- IRAWAN SEMENTARA UNGGUL

Senin, 27 Mei 2013 Umum
TEMANGGUNG, Berdasarkan hitung cepat  pemilihan Bupati/Wakil Bupati Temanggung yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung  pasangan calon nomor urut 3 Bambang Sukarno-Irawan Prasetyadi yang diusung  PDI Perjuangan  untuk  sementara unggul  meraup suara  148.645 (40,86 %).
     Komisioner KPU Yami Blumut dikantornya Senin (27/5)  jam  07.45 WIB menjelaskan,  dari  1717 TPS  yang tersebar di 289 Desa/kelurahan 20 Kecamatan  hasil penghitungan suaranya sudah dilaporkan 100 persen  ke KPU lewat saluran  seluler SMS.  Pasangan  Bambang Sukarno Irawan Prasetyadi untuk sementara mengumpulkan suara terbanyak  148.645. Pasangan  tersebut  menang  di 17 Kecamatan  Temanggung, Tlogomulyo, Kranggan, Tembarak, Selopampang, Pringsurat, Kaloran,Parakan, Bansari dan  Kledung. Selain itu juga menang di Kecamatan Bulu, Kedu, Kandangan, Candiroto, Bejen, Tretep dan Ngadirejo. Di urutan dua ditempati Pasangan calon nomor urut 2, Fuad Hidayat-Andoyo diusung PKB dan Gerindra maraih  91.933 (25,27 %). Pasangan ini hanya menang di 3 kecamatan  meliputi Jumo, Gemawang dan Kecamatan Wonoboyo.
     Sedang  3 pasangan lainnya kalah di 20 Kecamatan. Mereka yakni  pasangan  incumbent  Wakil Bupati  calon nomor urut 1  Budiarto-Dedi Haryadi yang diusung Partai Golkar, Demokrat, PPP, Hanura dan PKNU  mendapat  74.394 (20,45 %). Pasangan calon nomor urut 5, Anif Punto-Budidoyo yang diusung Partai Amanat Nasional  meraih  39.650 (10,40 %) dan pasangan  calon perseorangan nomor urut 4  Hadi Kuswanto-Tri Murdoko Sungkono mengumpulkan 9.160 (2,52 %). 
     Penghitungan cepat hasil pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) bupati untuk dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Penghitungan cepat hanya pada pelaksanaan Pemilukada Temanggung, untuk Pemilukada (Pigub) Jateng dilakukan KPU Propinsi ujarnya.
     Kendati ada hitung cepat, yang menjadi patokan tetap hasil dari penghitungan manual. Hitung cepat ini dilaporkan oleh masing-masing panitia pemungutan suara di tingkat desa langsung ke KPU Temanggung melalui pesan singkat (SMS). Pengirim hasil perolehan suara hanya ketua PPS karena nomor teleponnya sudah terdaftar di 'software' KPU. Yami Blumut menambahkan, hasil akhir rekap manual di PPS akan dilakukan pada 27 Mei 2013, di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada 29 Mei 2013, dan di tingkat KPU Temanggung dilakukan pada 1 Juni 2013. Dengan hasil akhir rekap manual di KPU tersebut baru bisa diketahui apakah pemilukada berlangsung satu putaran atau dua putaran.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait