Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WARGA SAMBUT KIRAB ADIPURA

Rabu, 12 Juni 2013 Umum
TEMANGGUNG, Ribuan warga masyarakat menyambut dengan antusias kirab Trophy Adipura yang diraih Kabupaten Temanggung tahun 2013 dan trophy Adiwiyata mandiri yang diraih SMK N 1 Temanggung. Kedfua trophy tersebut  dikirabkan keliling kota Rabu (12/6) dilanjutkan tasyakuran di Graha Bhumi Phala komplek Setda.
     Prosessi kirab diawali dengan penyerahan trophy Adipura oleh Kepala Badan Lingkungan hidup Andresti kepada Sekretaris Daerah Bambang Arochman  yang selanjutnya diserahkan kepada Mas dan Mbak Temanggung tahun 2012 untuk dikirabkan. Trophy yang menjadi kebanggaan  prestasi di bidang kebersihan itu dikirabkan menggunakan mobil bak terbuka.
     Formasi kirab terdiri dari foreijer Polres Temanggung ,mobil publikasi bagian Humas, mobil pembawa trophy Adipura dan tropy adiwiyata mandiri, iring-iringan Kepala SKPD, Camat dan kepala Kelurahan  dengan menggunakan kereta kelinci dan ditutup  iring-iringan petugas kebersihan  atau yang lebih dkenal dengan sebutan pasukan kuning.    Rute kirab dari komplek Setda melewati jalan Sri Suwarno, Perempatan geneng, Jl Gerilya  terminal induk Temanggung,  Jl. Jendral Sudirman, pasar kliwon dan melewati tribun kehormatan di alun-alun, Pandean, Kodim dan berakhir di Komplek Setda. Disepanjang rute yang dilewati, peserta kirab mendapat sambutan hangat dan meriah  segenap warga masyarakat. Warga berantusias ingin menyaksikan langsung tropy Adipura yang diterima  Wakil Bupati  Budiarto dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara Jakarta Senin kemarin.
     Seusai dikirabkan dilanjutkan tasyakuran di Graha Bhumi phala. Sekda bambang arochman dalam laporannya mengatakan, kirab Adipura bertujuan sebagai wahana sosialisasi  atas keberhasilan Temanggung meraih adipura dan adiwiyata mandiri kepada masyarakat. Diutarakan  penghargaan adipura diraih  Temanggung  untuk yang ke empat kali setelah  tahun 2009, 2011 dan tahun 2012 memperoleh penghargaan yang sama. Hanya pada tahun 2010 mendapat piagam  Adipura.
     Dengan  4 kali mendapat  Adipura, maka Temanggung  masuk nominasi mendapatkan penghargaan Adipura kencana pada tahun 2014 mendatang, ujarnya.
     Melengkapi kesuksesan meraih kembali trophy Adipura,  tahun ini SMK Negeri 1 Temanggung meraih  trophy Adi Wiyata Mandiri setelah setahun lalu sukses mendapat adiwiyata Nasional. Penghargaan serupa  juga diraih SMA  Negeri 2 Temanggung berhasil  manyabet gelar juara pertama lomba sekolah Adi Wiyata Mandiri tahun 2012.Sedang Madrasah Ibtidaiyah Jurang Temanggung  tahun ini  mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi jawa tengah dan maju ke tingkat Nasional mewakili Temanggung.
     Tasyakuran ditandai pemotongan tumpeng oleh bupati Hasyim diserahkan kepada perwakilan petugas kebersihan (pasukan kuning) dan perwakilan SMK Negeri 1 Temanggung. Disampig itu juga dilakukan  penyerahan tropy dan hadiah kepada para juara lom,ba Kebersihan, Keindahan dan ketertiban di lingkungan kelurahan  dan SKPD. Pada kesempatan itu juga diserahkan tali asih berupa sembako  secara simbolis oleh Bupati  kepada perwakilan petugas kebersihan.
     Bupati dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan meraih kembali tropy Adipura meupakan kesuksesan seluruh masyarakat. Keberhasilan tersebut lanjutnya  wujud hasil kerja keras semua pihak baik Pemkab maupun masyarakat dalam mewujudkan  lingkungan kota yang teduh, bersih, indah dan tertib. Oleh karena itu atas nama Pemkab mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung dalam menciptakan budaya hidup bersih.
     Dengan diraihnya kembali Adipura hendaknya menjadi pemicu semngat warga masyarakat dalam mewujudkan lingkungan sehat  yang menjadi budaya hidup sehari-hari tandasnya seraya berharap tahun mendatang bisa meraih Adipura Kencana.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait