Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PROGRAM MANDIRI PANGAN

Rabu, 16 September 2009 Perekonomian
BANTUAN STIMULAN PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN

TEMANGGUNG, “Desa Pagergunung Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung dengan luas lahan 388 ha, jumlah penduduk 2.451 jiwa dengan kepala keluarga miskin menurut BPS 245 jiwa, mata pencaharian sebagian besar petani dan buruh. Komoditi pertanian dan peternakan di desa tersebut kimpul, jagung, ketela, sengon laut, pisang, salak, sapi, domba/kambing dan ayam dan juga terdapat kelompak tani dan kelompok wanita antaralain kelompok tunas harapan 12 anggota, ngudi harjo 30 anggota, mantep tani 20 anggota dan kelompok wanita sumber rejeki dengan 18 anggota. Desa tersebut pada saat musim kemarau air sulit didapat dan sumber mata airpun terbatas, hanya bisa dengan sumur bor yang mencapai kedalaman 30 m lebih dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga” kondisi desa lapor kepala desa Ibu Harmintasih dalah acara penyerahan bantuan stimulan program desa mandiri pangan senin kemarin (14/9).
     Acara tersbut dihadiri Bupati Temanggung, Badan Ketahanan Pangan Prov. Jawa Tengah, Assiten II, Bappeda, Bapermades dan SKPD serta penyuluh. Dalam laporangaya Kepala Kantor Ketahanan Pangan Temanggung Ibu Ir. Siyam Dwi Astuti, MM menyampaikan dalam rangka pembangunan ketahahanan pangan yang merupakan langkah awal yang strategis untuk memperkuat perekonomian pedesaan/masyarakat pedesaan didalam uupaya mengentaskan masyarakat dari keterpurukan ekonomi. Adapun tujuan program desa mandiri pangan untuk memperkuat pengentasan kemiskinan, meningkatkan pengembangan dinamika kelompok afinitas (organisasi, manajemen dan kelompok), memberdayakan kelompok afinitas dalam mewujudkan diversifikasi pangan, sanitasi lingkungan, kesehatan, pendidikan dan ketrampilan juga menambah wawasan dan informasi tentang usaha produktif. Untuk program desa mandiri pangan tahun 2009 dengan APBD Provinsi  jateng dengan bantuan 66 ekor Kambing peranakan etawa, paket kandang komunal 3 unit dan alat pengolahan industri rumah tangga. Dilaporkan pula baha program desa mandiri pangan di Kabupaten Temanggung telah di laksanakan sejak tahun 2008 dengan desa Getas Kecamatan Kaloran dengan bantuan Domba gemuk 100 ekor yang telah berkembang menjadi 171 ekor, kandang, peralatan gapura dan vertikultur.
     Adapun program desa mandiri pangan ini direncanakan selam kurang lebih 4 tahun dengan 4 tahapan untuk tiap tahunnya: tahun pertama dengan tahap persiapan, tahap pertumbuhan, tahap pengembangan dan tahun keempat yaitu tahap kemandirian. Untuk desa pagergunung baru dalam tahun pertama dengan tahapan persiapan dan telah didampingi oleh sarjana pendamping yang direkrut dari provinsi, serta telah terbentuk tim pangan desa guna memperkuat kelembagaan ditingkat desa.
     Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Bapak Bowo Suryoko disampaikan bahwa desa dikatakan sudah mandiri artinya kalau desa tersbut masyarakatnya sudah dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, mencukupi apa yang dibutuhkan sendiri. Baik itu dengan cara mencukupi dengan hasil produksi sendiri atau mencukupi dengan membeli apa yang dibutuhkan. Dan berharap apa yang telah dibantukan untuk dipergunakan sebaik-baiknya dan untuk dikembangkan.
     Dalam sambutanya Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi  berharap kepada perangkat desa, penyuluh, pendaping untuk bekerja serius untuk bersama-sama menurunkan kemiskinan di desa pagergunung. Lanjutnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga akan menjadi masyarakat yang mandiri. Pada acara tersebut Bupati Temanggung menyerahkan secara simbolik bantuan dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke kandang terpadu Susun Durenan dan Dusun Ngroto.(Hms09/pakDhe)

Berita Terkait