Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WORKSHOP RUANG BELAJAR MASYARAKAT

Kamis, 04 Juli 2013 Umum
TEMANGGUNG,  Kelompok Kerja Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Kabupaten Temanggung menyelenggarakan workshop di pendopo Pengayoman  Rabu (3/7). Workshop bertujuan  terbentuknya  system keberlanjutan proses belajar kolektif masyarakat diikuti para pelaku PNPM Mandiri Perdesaan.
     Ketua Pokja RBM Subagiyono menjelaskan, workshop  diselenggarakan sebagai wahana evaluasi kegiatan  tahun 2012 dan sosialisasai kegiatan tahun 2013 berkaitan dengan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri perdesaan. Diutarakan perjalanan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri perdesaan dilakukan melalui pendekatan  peningkatan kapasitas dan pengorganisasian . Keberhasilan  program ditentukan sejauh mana pendekatan pemberdayaan yang dipakai mampu memberikan  perubahan  di masyarakat. Dengan pola pengembangan  Ruang Belajar Masyarakat diharapkan  kemandirian masyarakat cepat terwujud.
     Sedang tujuan  pengembangan RBM yakni tersedianya sarana dan parasarana  pendukung untuk menunjang kebutuhan  peningkatan kapasitas masyarakat. Selain itu  berkembangnya  kegiatan  berbasis pengalaman lokal yang memungkinkan terjadinya proses  belajar kolektif di masyarakat.Dikemukakan pada tahun 2012 RBM telah melaksanakan berbagai kegiatan  meliputi workshop, pelatihan paralegal, TOT untuk Tim Pelatih Masyarakat, Media dan informasi dan temu forum diskusi dengan kelompok masyarakat binaan. Disamping itu membuka  galeri RBM untuk pemasaran sentra produk kelompok  di Gandokan Kranggan.
     Bupati Hasyim Afandi dalam sambutannya  menilai kebaradaan RBM sangat penting artinya sebagai tempat belejar masyarakat disegela bidang utamnya untuk pemberdayaan ekonomi. Diharapkan  kiprah RBM kedepan lebih ditingkatkan  supaya maju dan berkembang dengan sasaran akhir  tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat.(Hms13/EdyLaks)

Berita Terkait