Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PERINGATAN NUZULUL QURAN BERLANGSUNG DI PONPES NIDA ALQURAN

Rabu, 24 Juli 2013 Keagamaan
TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung Selasa  malam  (23/7) menggelar peringatan Nuzulul Quran yang dibarengkan kegiatan Tarkhim di masjid Pondok Pesantren Nida Alquran Dusun Paladan Desa Tegalsari  Kecamatan Kedu. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Hasyim Afandi dan para pejabat  Forum Kumunikasi Pimpinan Daerah beserta pejabat terkait dan  aparat kecamatan maupun  perangkat desa setempat.
     Peringatan Nuzulul Quran diisi pengajian yang disampaikan penceramah KH Zainudin MZ dosen paska sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.Dia mengatakan,   Berkaitan dengan   peringatan Nuzulul Alquran atau hari turunnya Alquran pada 17 Ramadan ini Zainudin menekankan umat Islam bisa makin dalam mempelajari kitab suci tersebut. Dengan demikian dapat memahami isi kandungan Alquran, dan melaksanakan atau mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari.Dengan demikian diharapkan ada perubahan mindset (cara   pandang)   umat agar berubah kearah yang lebih baik. Dia mencontohkan   ada sekelompok  masyarakat yang  biasa buang air besar di sungai, padahal  kebiasan itu  tidak sesuai dengan ajaran Alquran yang memerintahkan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu dengan  mempelajari Alquran diharapkan  kebiasaan tersebut bisa dirubah  untuk buang air di tempat yang semestinya supaya tidak mencemari lingkungan.
     "Dengan mengamalkan ajaran-ajaran yang terdapat dalam Alquran, kita berharap akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT, serta memeroleh keselamatan dan kebahagiaan dalam kehidupan di dunia dan di akhirat,'' tuturnya.
     Sedang Bupati Hasyim dalam sambutannya mengatakan Kegiatan  tarkhim bertujuan sebagai wahana silaturohim guna menyampaikan informasi-informasi pembangunan melalui bahasa dan pintu agama.Selain itu juga dimanfaatkan untuk berpamitan kepada masyarakat sehubungan akan berakhir masa tugasnya  sebagai Bupati dan Wakil Bupati Temanggung pada tanggal 28 Juli mendatang.
     Saya Hasyim Afandi selaku  Bupati dan pak Budiarto sebagai wakil Bupati  hampir genap 5 tahun  mengabdi untuk masyarakat  dan akan mengakhiri  tugas pada 28 Juli mendatang, tentu selama menjalankan tugas ada  program-program pembangunan yang sudah dilaksanakan, namun masih banyak yang belum terlaksana. Oleh karena itu atas  kesalahan dan kekurangan, seiring momentum bulan Ramadhan ini dengan setulus hati mohon maaf pintanya  seraya berharap Temanggung kedepan bersama Bupati dan wakil Bupati yang baru  kehidupan masyarakat lebih sejahtera.
     Disamping itu Bupati juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat yang telah nyengkuyung  kegiatan Pemerinatahan dan pembangunan selama ini. Berkat dukungan  tersebut maka tugas dan tanggungjawab  sebagai Bupati dan Wakil Bupati  bisa berjalan lancar.
     Seusai menyampaikan sambutan Bupati menyerahkan bantuan  uang pembinaan  dan buku-buku keagamaan serta bingkisan untuk takmir masjid setempat.  Bantuan ini sebagai ujud kepedulian Pemkab guna mendukung operasional takmir masjid. Sehingga, kegiatan peribadatan semakin meningkat, utamanya di bulan  suci Ramadhan ini'' ujarnya.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait