Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

JELANG LEBARAN, DIGELAR OPERASI KETUPAT CANDI

Jumat, 02 Agustus 2013 Umum
TEMANGGUNG, Polres Temanggung menggelar upacara apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2013 dalam rangka pengamanan Lebaran  tahun 2013 berlangsung pagi tadi  Kamis  (1/8) di Halaman setda Kab Temanggung.   Gelar pasukan dengan sandi Ketupat Candi 2013 ditandai dengan penyematan pita oleh inspektur Upacara  Bupati  Bambang Soekarno kepada pewakilan  petugas dari unsur Polisi,  TNI , Perhubungan dan Satpol PP disaksikan  pejabat Forum Komunikasi Pimpinan  Daerah (FKPD) dan pejabat terkait.
     Kapolri Jenderal Timur Pradopo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Inspektur Upacara  mengatakan,  gelar pasukan bertujuan  untuk mengetahui dan menunjukkan kesiapan POLRI beserta unsur terkait lainnya dalam mengamankan hari raya Idul Fitri 1434 H. Melalui  pelaksanaan operasi Ketupat Candi 2012 ini  lanjutnya  diharapkan masyarakat dapat merayakan momen Lebaran dengan aman dan nyaman.
     Dikemukakan, tradisi mudik Lebaran sebagai agenda  tahunan menjelang  hari raya Idul Fitri  yang dilaksanakan masyarakat berimplikasi  meningkatnya aktifitas kelompok besar masyarakat di beberapa tempat. Berbagai  kegiatan serta mobilitas manusia dan barang  ujarnya, dalam jumlah besar dalam waktu bersamaan  berdampak  meningkatnya dinamika gangguan kamtibmas dan  keamanan, keselamatan, ketertiban  dan kelancaran lalu lintas yang harus dikelola  dengan baik.
     “Kepada petugas saya tekankan  siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan  pelayanan  kepada masyarakat. Hindari sikap dan tindakan arogan dan tindakan lain yang tidak mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat“ pintanya  sembari menambahkan  bertindaklah tegas  namun humanis   terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan  lalu lintas maupun   Kamtibmas secara umum.
     Kapolres Temanggung AKBP Susilo Wardana  seusai apel  menjelaskan untuk memberikan rasa kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dan masyarakat yang sedang menikmati hari lebaran maka dibentuk Posko Pengamanan yang melibatkan personil dari Polres Temanggung, Kantor Kesbangpol dan Linmas, TNI, Satpol PP, PMI, RAPI dan ORARI. Diutarakan  Posko Pengamanan yang dibentuk meliputi Pospam 1 Nglarangan Pringsurat, Pospam 2 Pasar Kliwon Temanggung, Pospam 3 Pasar Legi Parakan  dan Pospam 4 Pasar Wage Ngadirejo, serta Pos Pam 5 di rest area kledung. Selain itu juga dilengkapi dengan 9 pos pelayanan yang tersebar di sejumlah  lokasi strategis
     “Dalam merayakan Lebaran saya himbau kepada masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan masing-masing dan yang berkendaraan bermotor hendaknya mematuhi tata tertib lalu litas, sehingga tercipta rasa aman dan nyaman. Disamping itu juga tidak membunyikan mercon karena bisa membahayakan“  harapnya seraya menambahkan  Personil Pengamanan 340 Orang dibantu  TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.
     Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dr. Suparjo   mengatakan, guna mendukung pengamanan Lebaran pihaknya telah melaksanakan pemantauan makanan dan minuman secara koordinatif dengan SKPD terkait. Piket jaga di Puskesmas pada H-7 sampai dengan H+7. Untuk Puskesmas Rawat Inap Bejen, Ngadirejo dan Pringsurat, UGD siaga 24 Jam dengan setiap shift ada dokter. Selain itu juga mewaspadai apabila terjadi KLB dengan menyiapkan penangannya.
     Khusus Puskesmas jalur mudik lebaran juga siaga selama jam kerja yaitu Puskesmas Candiroto, Parakan, Kedu, Pare, Kranggan, Temanggung, Kledung, Kaloran, dan Bulu. Untuk Puskesmas Bejen, Ngadirejo, Temanggung dan Pringsurat ikut bergabung dalam Posko Terpadu Polres serta menyiapkan dokter jaga dan apotik jaga.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait