Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SETELAH PUASA RAMADHAN UMAT ISLAM MESTI SEPERTI KUPU-KUPU

Sabtu, 24 Agustus 2013 Keagamaan
TEMANGGUNG, Umat Islam  setelah selesai menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1434 Hijriyah hendaknya kualitas iman dan taqwanya meningkat, sehingga bagaikan kupu-kupu. Oleh karena itu ditekankan pentingnya umat Islam menjaga iman  dan senantiasa menjaga hubungan baik dengan Allah Swt maupun berbuat amal kebaikan  kepada sesama.
     Hal itu dikemukakan KH Muhammad Faizun  dalam pengajian  rutin hari Sabtu (24/8) di Graha Bhumi Phala komplek setda Kabupaten Temanggung yang diikuti segenap karyawan/karyawati. Diutarakan, orang yang setelah beribadah puasa namun  kualitas iman  dan taqwanya tidak bertambah meningkat maka tidak ada manfaatnya apa-apa.Puasa yang dilakukan  hanya memperoleh lapar dan dahaga saja.  Oleh karena itu sebulan  setelah puasa  1 bulan penuh bisa membekas dalam kehidupan sehar-hari agar memberikan manfaat dunia akherat.
     Menurutnya, dalam beribadah puasa Umat Islam bisa meniru perilaku kupu-kupu. Sebelum menjadi kupu-kupu  masih berujud ulat yang menjijikan yang perilakunya memakan  apa saja seperti  dedaunan aneka tanaman dengan rakus. Namun setelah berpuasa dengan tidak makan dan minum dalam kurun waktu yang cukup berubah menjadi kepompong yang selanjutnya menjelma menjadi kupu-kupu yang cantik dan indah dan disukai orang. Setelah menjadi kupu-kupupun makanannyapun meningkat  menghisap madu  sekaligus bermanfaat membantu penyerbukan aneka tanaman. hal itu jauh beda  tidak lagi seperti ketika masih berujud ulat yakni memangsa dedaunan yang mendatangkan kerugian.
     “Perilaku kupu-kupu ini mesti dipetik sebagai pelajaran berharga. Umat Islam setelah puasa Ramdhan kualitas hidupnya lebih meningkat dan bermanfaat untuk sesama maupun lingkungan. Komunikasi dengan Allah bertambah khusuk dan hubungan dengan sesame umat juga harmonis“ ujarnya  seraya menambahkan  seiring momentum Idul Fitri  terjalin hubungan yang serasi dan damai  dengan saling memberi maaf.(Hms13/Edy Laks) 

Berita Terkait