Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MHQ SE JATENG BERLANGSUNG DI TEMANGGUNG

Senin, 02 September 2013 Pendidikan
TEMANGGUNG,Musabaqah Hifdzil Qur’an ( MHQ ) pesantren X se Provinsi Jawa Tengah bakal berlangsung di Temanggung selama 3 hari mulai tanggal 3 s/d 5 September 2013 mendatang. Kegiatan tersebut bertujuan mempererat  ukhuah Islamiah melalui pemasyarakatan Al Qur’an pada generasi muda khususnya  di kalangan pondok pesantren.
     Kepala Bagian Humas Pemkab Temanggung Witarso Saptono Putro selaku ketua seksi Publikasi dan Dokumentasi dikantornya Sabtu (31/8) menjelaskan, MHQ pesantren X se Provinsi Jawa Tengah akan berlangsung tiga hari, diikuti peserta dari masing-masing kabupaten/kota se Jawa Tengah. MHQ memperebutkan trophy bergilir Gubernur Jawa Tengah. Cabang yang dilombakan meliputi Hifdzil Qur’an golongan 20 juz, golongan 30 juz dan cabang tafsir Al Qur’an golongan bahasa Arab juz 3 beserta hafalan 30 juz baik putra maupun putri.
     Kegiatan MHQ akan diawali dengan penyelenggaraan pawai taaruf pada tanggal 3 September 2013 mulai jam 15.30 WIB  keliling kota Temanggung diikuti masing-masing kafilah  kabupaten /kota.  Sedang pada malam harinya diadakan upacara pembukaan  di gedung Graha Bhumi Phala Temanggung yang dijadwalkan akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Untuk pelaksanaan musabaqah dilaksanakan tanggal 4 September 2013 meliputi 3 majelis . Majelis  1  di Graha Bhumi Phala untuk cabang Hifdzil Qur’an golongan 20 juz putra-putri . Majelis 2 di pendopo pengayoman  untuk cabang Hifdzil Qur’an  golongan golongan 30 juz putra-putri. Sedang majelis 3 di Masjid Agung Darussalam untuk cabang tafsir Al Qur’an golongan bahasa Arab juz 3 beserta hafalan 30 juz baik putra maupun putri.
     “Keseluruhan penyelenggaraan MHQ akan ditutup pada tanggal 5 September 2013  di gedung Graha Bhumi Phala Temanggung sekaligus dilakukan penyerahan hadiah lomba kepada para juara,” tandasnya.
     Dikemukakan, MHQ merupakan arena yang sangat ideal dalam upaya mempererat tali persaudaraan serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui kegiatan  keagamaan. Dengan demikian diharapkan akan tumbuh dan berkembang rasa solidaritas sebagai satu bangsa dan satu tanah air. Oleh karena itu, melalui ajang MHQ diharapkan meningkatkan dan memacu  prestasi Jawa Tengah khususnya dibidang pengembangan hifdzil Qur’an. (Hms13/Edy Laks)  

Berita Terkait