Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SEMINAR PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL

Rabu, 25 September 2013 Umum
TEMANGGUNG, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)   Kabupaten Termanggung menggelar Seminar Pengembangan Ekonomi Lokal yang berlangsung di omah kebun resto Temanggung Selasa kemarin (24/9). Seminar yang bertujuan untuk mengangkat potensi ekonomi lokal itu menghadirkan sejumlah nara sumber dari   Universitas Diponegoro Semarang.
     Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Irawan Prasetyadi dihadiri PLH Sekda, ketua Bappeda dan  pejabat terkait serta diikuti para pelaku ekonomi dari berbagai perusahaan  serta usaha ekonomi produktif.  Dalam sambutannya  Wakil Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya seminar, diharapkan  melalui seminar,potensi ekonomi local bisa dikembangkan lebih optimal. Dengan demikian perekonomian masyarakat Temanggung akan semakin maju dan sejahtera.
     Diutarakan Kabupaten Temanggung sebenarnya cukup kaya dengan berbagai potensi ekonomi local yang sudah seharusnya ada upaya yang kontinyu untuk dikembangkan kearah yang lebih baik. Potensi ekonomi local tersebut diantaranya sector pertanian, peternakan, perkebunan dan industri.Berbagai upaya telah dilakukan Pemkab dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi local antara lain dalam bentuk kajian status  dan factor pengungkit PEL yang dilakukan dengan model RALED dan master plan percepatan pembangunan ekonomi.
     Ketua Bappeda Bambang Dewantoro menjelaskan, potensi PEL lebih menekankan pada upaya  peningkatan pelibatan sector swasta ataupun lembaga non pemerintahan lainnya dalam pengembangan ekonomi local.Salah satu potensinya  yakni pelibatan pendanaan dari sumber sector swasta melalui CSR. Sedang  permasalahan umum dalam upaya pengembangan ekonomi local  adalah aspek daya saing produk local belum optimal dalam mendukung perekonomian wilayah. Selain itu belum optimalnya implementasi program-program pemerintah dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal.(Hms/Edy Laks)

Berita Terkait