Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

25 RIBU E KTP DATANYA SALAH

Rabu, 25 September 2013 Umum
TEMANGGUNG, Sebanyak 25 ribu KTP elektronik (E-KTP) milik warga di Kabupaten Temanggung salah, serta ada pula, yang statusnya kini sudah berganti atau berubah. Para pemilik KTP tersebut minta perbaikan kepada Pemerintah agar sesuai dengan data yang sebenarnya.
    Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Agus Wahyudi Budiyono dikantornya Selasa ( 24/9 ) menjelaskan, mereka para pemilik KTP yang salah tersebut telah meminta perubahan atau perbaikan atas data identitas diri yang tercantum dalam KTP elektronik (E-KTP) miliknya. Namun demikian, hingga saat ini belum juga ada kepastian, kapan E-KTP tersebut akan selesai diperbaiki pemerintah.Sebanyak 25 ribu warga tersebut meminta perbaikan, dikarenakan ada data dalam E-KTP miliknya yang salah, serta ada pula, yang statusnya kini sudah berganti atau berubah. Kemungkinan ketika proses perekaman ada kekeliruan data dari warga bersangkutan atau operatornya, sehingga setelah E-KTP tercetak pun, data yang muncul tidak sesuai.
    Diungkapkannya, warga yang meminta perbaikan tersebut, maka E-KTP miliknya ditarik dahulu dan disimpan di kantor kecamatan bersangkutan. Dan, warga tersebut sementara ini menggunakan KTP lama atau KTP Siak (sistem informasi administrasi kependudukan). Kendati saat ini telah ada E-KTP, namun, sesuai dengan ketentuan dari Pusat, KTP Siak tersebut masih bisa berlaku hingga akhir 2013 nanti.
    “Permintaan perbaikan beserta data yang benar untuk perbaikan E-KTP tersebut, sebetulnya telah dikirim ke Pemerintah Pusat. Namun, belum ada kepastian mengenai kapan E-KTP tersebut akan selesai diperbaiki serta diserahkan kembali kepada warga bersangkutan” ujarnya
    Diungkapkan dari hasil rapat koordinasi di Jakarta beberapa waktu lalu, secara lisan dari Pusat menyatakan, bahwa E-KTP yang diperbaiki itu nantinya akan dicetak di kabupaten. Yakni, pada Januari 2014 nanti, setelah secara resmi pembuatan E-KTP dilaksanakan di kabupaten. Selain ada permintaan perbaikan 25.000 E-KTP yang belum selesai, di Kabupaten Temanggung juga masih ada 13.000-an warga yang sampai dengan saat ini belum terbit E-KTP miliknya. Padahal, mereka kebanyakan merupakan warga yang melakukan perekaman E-KTP pada tahap awal. Adapun total kouta warga yang wajib E-KTP di Kabupaten Temanggung adalah 569.427 jiwa. Dari jumlah tersebut baru dicapai sebanyak 519.658 jiwa, atau baru 91.26 % dari total wajib E-KTP.( Hms/ Edy Laks )

Berita Terkait