Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TIKUNGAN SIGANDUL KLEDUNG DILURUSKAN

Jumat, 04 Oktober 2013 Umum
TEMANGGUNG, Tikungan Sigandul Indah, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung direncanakan bakal diluruskan supaya tidak rawan menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Anggaran untuk membangun tersebut diperoleh dari bantuan Kementerian Pekerjaan Umum.
     Bupati Temanggung, Bambang Sukarno  beberapa waktu lalu meninjau ke lokasi proyek mengatakan, di lokasi tersebut sering terjadi laka lantas. Selain menurun dan menikung tajam, pada kanan jalan merupakan jurang sedalam kurang lebih 50 meter dan pada sisi kirinya tebing yang juga rawan longsor. Jalur tsb merupakan jalur utama yang menghubungkan Temanggung dengan kota dan Kabupaten lain di sebelah baratnya seperti Wonosobo, Banjarnegara dan Purwokerto. Tingkat penggunaan jalan milik Bina Marga Provinsi Jawa Tengah ini juga cukup padat.
     Pemerintah Kabupaten Temanggung berencana akan melakukan perbaikan jalur sigandul. Rencananya, turunan dan tikungan tajam berliku tersebut akan dibuat lurus. Tujuannya untuk tidak membahayakan sehingga pengguna jalan nyaman menggunakan jalur ini, katanya
     Diutarakan langkah  awal yang akan dilakukan, yakni dengan membebaskan lahan tersebut dari kepemilikan warga menjadi milik pemerintah. Setelah pembebasan lahan selesai, baru akan dimulai proses pembangunan yang menggunakan dana bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum. Namun, diakui belum mengetahui nominal pasti angka yang akan disumbangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum untuk membantu hal tersebut. Termasuk prediksi total anggaran yang dibutuhkan untuk membangun jalur baru tersebut. Usulan penggaran akan difasilitasi oleh Komisi V DPR RI.
     Anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi, mengatakan, pihaknya mengaku siap untuk memfasilitasi Pemkab Temanggung mendapatkan hibah dana dari KemenPU untuk pembangunan jalan tersebut. Namun ia mengajukan syarat, yakni proses pembebasan tanah sudah dapat diselesaikan. Diperkirakan, anggaran yang dibutuhkan untuk pelurusan jalan tersebut berkisar antara Rp 5-10 miliar.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait