Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GURU TK DILATIH KOREOGRAFER TARI

Sabtu, 05 Oktober 2013 Pendidikan
TEMANGGUNG, Sejumlah guru Taman kanak-Kanak (TK) dilatih menjadi koreografer tari oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan Sanggar Seni Pareanom.Pelatihan berlangsung di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah selama 3 hari.
     Pemilik sanggar tari Pareanom Paramitha mengatakan, dalam waktu hanya tiga hari, para guru yang dibagi beberapa kelompok ini telah dapat menciptakan konsep tari sendiri, bahkan sangat indah. Diakui  tidak mudah menjadikan para guru TK yang terbatas tingkat pengetahuannya untuk memiliki gerak gemulai, apalagi untuk menciptakan satu tarian. Namun, dengan pola pendekatan dan pelatihan yang terampil, Paramitha mampu menyulap mereka menjadi koreografer pemula.
     Dalam pelatihan itu para guru TK diajari titik-titik paling krusial dalam koreo, kemudian diberikan solusinya. Dan mereka ternyata mampu mengkreasikan secara tematik melalui gerakan tari. Hasil ini sungguh diluar prediksi ternyata semuanya sangat bagus.
     Beberapa tari hasil kreasi para guru TK antaranya adalah tarian yang menggambarkan tentang prosesi mencuci pakaian, proses memasak, menggubah lagu menjadi tari dengan gerakan yang gemulai layaknya penari profesional. Ide mereka sangat cerdas dan mereka ternyata juga memiliki olah gerak yang sempurna, terangnya.
     Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Bambang Eddi Hartono, mengatakan, dalam rangka hari kunjung perpustakaan yang akan digelar pada 8-12 Oktober ini, pihaknya menggelar sejumlah acara pendamping untuk memeriahkan yakni pertunjukan seni tari. Selain itu pihaknya juga menyajikan berbagai pertunjukan lainnya dan pameran dari berbagai bidang. Seluruhnya akan digelar sentral di kompleks Perpustakaan Daerah. (Hms13/Edy Laks).

Berita Terkait