Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

EFISIENSI ANGGARAN UNTUK PENYANDANG DISABILITAS MENTAL

Rabu, 09 Oktober 2013 Sosial
TEMANGGUNG, Berdasar sensus, diperkirakan penyandang disabilitas mental di Indonesia ada sekitar 300 ribu dan berdasar perhitungan jumlahnya cenderung meningkat, karena berbagai faktor seperti gen, obat-obat dan makanan. Karenanya, jika upaya rehabilitasi tidak melibatkan keluarga dan masyarakat, tentu akan membutuhkan anggaran yang amat besar.
     Hal itu dikemukakan, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial RI, Samsudi, pada  acara serah terima jabatan pejabat eselon II, III, dan IV Kementerian Sosial di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini Temanggung, Selasa (8/10). Diungkapkan pengelolaan anggaran rehabilitasi sosial di Kementrian Sosial RI sebesar Rp 934 miliar tahun anggaran 2013 belum seutuhnya dikelola secara baik dan efisien. Berdasar evaluasi masih ada anggaran yang pengelolaanya kurang efisien dan bahkan tidak efisien.
     Menurutnya efisiensi anggaran tidak berarti harus sedikit anggarannya, melainkan dengan menggunakan sumberdaya atau dana yang sepadan namun optimal hasilnya. Dengan begitu budget harus dicermati, budget yang tidak perlu dicoret dan yang perlu tetap dianggarkan. Ketidakefisienan anggaran misalnya mengasuh siswa yang seharusnya bisa diasuh orangtuanya sendiri.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait