Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DATA DPT TIDAK VALID DISOROT KPU

Jumat, 11 Oktober 2013 Sosial
TEMANGGUNG, Ditemukannya 5.000 warga pada data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014 yang tidak valid disorot oleh  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung. Meski demikian KPU menjamin warga tetap dapat ikut pencoblosan pada hajatan politik lima tahunan tersebut meski data tidak valid.
     Komisioner Divisi Tekhnis Pemilu, KPU Kabupaten Temanggung, Agus Istanto, Rabu (9/10) mengatakan KPU terus mencari penyebab tidak validnya data tersebut. Berdasar temuan awal ada perbedaan pada penulisan Nomor Kartu Keluarga (NKK), tanggal lahir, dan nomor induk kependudukan. Diutarakan pihaknya melakukan penelitian per item pada data DPT di 20 kecamatan yang menunjukkan tidak valid, ditargetkan 12 Oktober sudah selesai, dan tanggal 13 diplenokan untuk penetapan kembali DPT.
     “Pencermatan data tersebut KPU dibantu oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 20 kecamatan yang ada. Temuan data tidak valid terjadi sesudah ada integrasi data Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari sistim informasi data pemilih (Siindi) Pilkada Jateng 2013 ke sistem daftar pemilih (Sidalih) KPU Pusat untuk Pemilu 2014. Temuan tersebut cukup besar dari jumlah DPT yang berjumlah 583.139 pemilih,” tandasnya
     Menurutnya beberapa waktu lalu KPU menggelar Rapat pleno menetapkan sejumlah 583.446 orang masuk dalam DPT Pileg 2014.Pemungutan suara bakal berlangsung di 289 desa terbagi dalam 1.881 TPS. (Hms13/ Edy Laks).

Berita Terkait