Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB TEMANGGUNG GELAR SOSIALISASI HAM

Jumat, 08 November 2013 Umum

TEMANGGUNG,  Pemerintah  Kabupaten Temanggung menyelenggarakan  sosialisasi  Hak Asasi Manusia Kamis (7/11) di Loka Bakti Praja komplek Setda kab Temanggung. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Irawan Prasetyadi  dihadiri nara sumber Prof Dr Rahayu, SH M.Hum dari Universitas Diponegoro Semarang, pejabat terkait dan diikuti  peserta dari utusan SKPD.
     Wakil Bupati Irawan Prasetyadi dalam sambutannya mengatakan , setelah ditetapkan Peraturan presiden Nomor 23 tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Hak asasi Manusi Republik Indonesia  tahun 2011-2014  diharapkan dapat memberikan  harapan sekaligus  dijadikan pedoman dalam penerapan norma dan standar HAM yang menitik beratkan pada 10 kelompok hak dasar manusia. Hal itu sebagaimana dimaksud dalam UU Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM yaitu hak untuk hidup, hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan, hak mengembangkan  diri dan pendidikan  dan hak memperoleh keadilan. Disamping itu juga hak  atas kebebasan pribadi, hak atas rasa aman, hak atas kesejahteraan, hak turut serta dalam pemerintahan, hak wanita dan hak anak.
     “Pemkab Temanggung telah membentuk panitia Rencana Aksi Nasional HAM sebagai komitmen untuk mencapai kesepakatan tujuan Hak asasi manusia  secara komprehensif dengan tujuan utama untuk meningkatkan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan dan penegakkan HAM khususnya di kabupaten Temanggung” Ujarnya seraya menambahkan hal itu ditempuh dengan mempertimbangkan nilai-nilai agama, moral, adat istiadat, budaya dan keamanan serta ketertiban bangsa Indonesia.
     Nara sumber Prof Dr Rahayu, SH M. Hum sosialisasi HA bertujuan  memberikan pemahaman  akan pentingnya panitia Rencana Aksi Nasional HAM dan implementasinya kedalam  pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Disamping itu   bertujuan  untuk menyamakan persepsi dalam hal meningkatkan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan damn penagakan HAM. Dengan demikian sosialisasi HAM memberikan kontribusi untuk membantu dan menjawab persoalan-persoalan tentang permasalahan HAM di Temanggung.
     “Sosialisasi HAM diharapkan  dapat menelaah tentang keberhasilan yang dicapai dan apa kendala yang dihadapai disertai dengan tawaran solusinya  sehingga kewajiban untuk memenuhi hak masyarakat khususnya kelompok masyarakat rentan  dapat ditingkatkan” tandasnya.(Hms/Edy Laks)  

Berita Terkait