Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BAZ TEMANGGUNG GELAR TASYARUF AKBAR 1 MILYAR

Jumat, 15 November 2013 Sosial
50 Rumah Tidak Layak Huni Dipugar

TEMANGGUNG, Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Temanggung menggelar pencanangan tasyaruf akbar 1 milyar  Kamis (14/11) di desa Gandurejo Kecamatan Bulu. Pencanangan ditandai dengan pemugaran  50 rumah tidak layak huni disaksikan Wakil Bupati Irawan Prasetyadi  dan  pejabat terkait dilanjutkan penyerahan  bantuan kepada para mustahiq (penerima manfaat) dib alai desa setempat. 
     Wakil Bupati Irawan Prasetyadi mengatakan Pemereintah Kabupaten Temanggung memberikan apresiasi dan penghargaan kepada  Badan Amil Zakat (BAZ) Temanggung  yang melaksanakan tasyaruf akbar 1 miliar . Diutarkan dengan adanya tasyaruf akbar 1 miliar yang diantarnya disalurkan untuk  program peduli papan dengan memugar 50 rumah tidak layak huni menjadi rumah yang layak untuk tempat tinggal, sangat membantu Pemkab menggingat anggaran yang terbatas. Oleh karena itu dengan dipugarnya 50 rumah tidak layak huni oleh BAZ maka  mempercepat program pengentasan kemiskinan dari sisi rumah tinggal.
     Program peduli papan  merupakan ujud kepedulian BAZ Temanggung dalam membantu keluarga kurang mampu. Diharapkan bantuan tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk  biaya renofasi rumah  agar  terwujud rumah layak huni. Bantuan  yang diberikan jumlahnya tidak seberapa, oleh karena itu   diharapkan partisipasi uluran tangan  warga masyarakat lain yang merasa mampu untuk ikut memberikan bantuan baik material maupun  tenaga, pintanya.
     Menurutnya untuk lebih mendongkrak pengumpulan zakat, infaq dan sodaqoh pihaknya berencana untuk menggandeng kadang Temanggungan yang berdo misili di Jakarta, Bogor, Bandung dan sekitarnya yang jumlahnya cukup banyak. Disamping itu juga mengajak peran serta kalangan pengusaha untuk menyisihkan  sebagian pendapatnya  guna  disalurkan baik dalam bentuk zakat, infaq maupun sodaqoh.
     Ketua harian BAZ M Setyo Aji  menjelaskan, aksi sosial  pemugaran  50 rumah  tidak layak huni  merupakan program peduli papan tasyaruf akbar  tahun 2013, ke 50 rumah warga miskin yang mendapat bantuan pemugaran tersebut  tersebar di sejumlah desa  yang 20 diantaranya  di desa Gandurejo Kecamatan Bulu.  Masing-masing rumah  mendapat bantuan  untuk pemugaran rumah Rp. 7.250.000 sehingga keseluruhan dana yang disalurkan Rp. 362.500.00. Dengan adanya pemugaran tersebut diharapkan bisa mewujudkan     rumah yang layak untuk tempat tinggal sehingga  pemiliknya  bisa hidup lebih sejahtera.
     Menurutnya selain pemugaran rumah program tasyaruf juga  dilakukan dalam bentuk  bantuan  konsumtif untuk 500 orang  masing-masing menerima Rp. 200.000,  bantuan modal usaha 96 orang @ Rp. 1.000.000 dan bantua pengobatan  untuk 154 orang @ Rp. 500.000 s/d Rp. 2.000.000 . Program lain  yakni   bantuan pendidikan  untuk 5.170  siswa miskin  senilai Rp. 304.750.000 dan bantuan untuk penyandang cacat guna pembuatan kaki palsu dan tangan palsu 5 orang  senilai Rp. 33.250.000.
     Program  tasyaruf akbar ini seluruhnya  sebesar Rp.1 miliar  sebagai wujud pertanggungjawaban dan transparansi  BAZ Temanggung dalam menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana zakat, infaq dan sodaqoh   yang terkumpul kepada masyarakat, tandasnya.
     Diutarkan perolehan dana Zakat infaq dan sodaqoh ( ZIS )yang berhasil dihimpun  sejak periode Januari Oktober 2013 hampir mencapai 2 miliar yakni sebesar Rp.1.982.274.000. Dana sebesar itu diperoleh  sebagian besar  berasal dari PNS Pemkab Temanggung  termasuk PNS guru dan pegawai BUMD yang mencapai 92 %. Sedang  yang 8 % diperoleh dari  PNS instansi vertikal, pengusaha dan perorangan. Sebelum melibatkan kalangan PNS ujarnya, perolehan ZIS  hanya berkisar antara Rp. 70 juta  hingga Rp. 90 juta per tahun.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait