Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

RETAKAN TANAH TERJADI DI DESA KARANGWUNI

Selasa, 19 November 2013 Bencana
TEMANGGUNG, Warga masyarakat yang tinggal di Dusun Pucung dan Gedawung Desa Karangwuni Kecamatan Pringsurat diminta meningkatkan kewaspadaan menyusul terjadinya retakan tanah di tengah pemukiman mereka.Dengan adanya tanah retak tersebut tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan bencana tanah longsor.  
     Kepala Seksi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Eko Suprapto Senin (18/11) mengatakan retakan tanah di Dusun Pucung dan Gedawung sudah terjadi dalam tiga bulan terakhir. Berdasarkan pemantauan di lapangan menunjukkan  dari hari kehari jumlah tanah yang retak bertambah banyak dan rekahannya juga melebar. Kondisi tersebut membahayakan keselamatan warga sebab berpotensi memicu bencana longsor.
     "Tanah yang mengalami keretakan puluhan titik dengan panjang 1 sampai 3 meter. Rekahan semakin meluas tidak hanya di tengah pemukiman namun juga di pinggir dusun. Oleh karena itu, warga diminta waspada apalagi sekarang sudah sering hujan," katanya.
     Dia mengatakan bencana longsor sudah sering kali terjadi meski intensitasnya kecil. Guna mengantisipasi adanya bencana longsor yang besar, pihaknya meminta warga mengisi rekahan dengan tanah agar air hujan tidak bisa masuk. Masuknya air hujan ke rekahan akan memincu longsor sebab rekahan menjadi semakin lebar. Untuk membantu warga menambal rekahan danmembuat talud, BPBD juga sudah mengirim kantong-kantong. (Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait