Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MENTAL KORBAN KEKERASAN LABIL

Selasa, 19 November 2013 Sosial
TEMANGGUNG, Korban tindak kekerasan, terutama perempuan dan anak-anak memiliki mental yang labil dibanding laki-laki. Oleh karena itu perlu pendampingan secara khusus berkelanjutan. Penyikapan khusus diberikan agar para pendamping dapat lebih optimal dalam memberikan pelayanan. 
     Demikian dikemukakan Ketua Women And Child Crysis Centre (WCC) Temanggung, Supangat, saat membuka acara Pelatihan Paralegal Pendampingan Korban Perempuan dan Anak, di Gedung PKK Temanggung, Senin (18/11). Menurutnya penyikapan khusus harus diberikan agar lebih optimal dalam melayani dan mendampingi korban. Karena tidak setiap korban memiliki karakter yang sama dan tingkat pengendalian psikologis yang sama. 
     Dalam rangka melatih kepekaan tersebut, para pendamping diberikan pelatihan secara khusus selama dua hari. Sasaran dari pelatihan ini, para peserta memiliki cara pendampingan yang tepat kepada korban. Selain itu  juga memahami isu gender, membagi klasifikasi manusia secara psikologis sehingga tahu betul bagaimana menyikapi apabila ada korban perlu pendampingan khusus. Pendekatan-pendekatan khusus juga harus diterapkan supaya kondisi psikologis korban kekerasan bisa pulih seperti sediakala. (Hms13/Edy Laks). 

Berita Terkait