Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

POHON TUMBANG, LALU LINTAS TERHAMBAT

Rabu, 04 Desember 2013 Umum
TEMANGGUNG, Sejumlah pohon peneduh jalan di kota Parakan tumbang akibat diterjang angin rebut kemarin. Akibatnya pohon tersebut melintang di jalan sehingga menghambat arus lalu lintas.    
     Hal itu setidaknya terjadi di depan Kantor Kelurahan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan, sebuah pohon  yang cukup besar tumbang diterpa angin kencang, bahkan hingga akarnya tercerabut dari tanah. Kondisi tersebut tek pelak menggangu kelancaran lalu lintas, pasalnya pohon yang tumbang melintang ketengah jalan. Beberapa kendaraan untuk beberapa saat tidak bisa lewat sehingga lalu lintas macet. Kemecetan bisa diatasi setelah warga bergotong royong menyingkirkan batang dan cara diangkat beramai-ramai ke tepi jalan .
     Seorang saksi mata Raharjo (50) menuturkan sebelum peristiwa pohon tumbang, turun hujan gerimis  disertai tiupan angin kencang. Akibatnya sebagian pohon tumbang menutup jalan. Warga akhirnya kerjabakti menyingkirkan pohon agar tidak menutup jalan dan lalu lintas kembali lancar.  Ia menceritakan, pohon yang tumbang tersebut hingga akarnya tercabut menyulitkan warga yang membersihkan lokasi lantaran tidak memiliki perlengkapan yang cukup. Untuk mengatasinya, warga hanya memindahkan batang pohon tersebut ke tepian jalan tanpa memotongnya. Kejadian tersebut sudah dilaporkan ke DPU untuk ditindak lanjuti supaya pohon yang tumbang dipotong dan diangkut keluar dari  tepi jalan.
     Salah seorang pengguna jalan yang kebetulan melintas, Susanto, 26, harus turun dari kendaraannya dan membantu mengevakuasi pohon dari badan jalan. Beruntung saat pohon tersebut tumbang tidak menghantam pengendara yang melintas di jalur Parakan-Ngadirejo ini. Selain pohon perindang jalan, angin ribut juga menghantam kawasan pertanian yang menyebabkan lahan tersebut rusak. (Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait