Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB BANTU ALAT KESEHATAN UNTUK 100 POSYANDU LANSIA

Rabu, 18 Desember 2013 Sosial
TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui  Dinas Kesehatan Kabupaten menyerahkan bantuan  paket alat kesehatan  kepada 100 Posyandu Lansia  Senin (16/12) di Pendopo Pengayoman.  Bantuan alat kesehatan secara simbolis diserahkan oleh sekda Bambang Arochman kepada perwakilan penerima disaksikan pejabat terkait.
     Sekda Bambang Arochman dalam sambutannya mengatakan kemampuan pemerintah dalam memberikan bantuan  sosial kepada warga masyarakat jumlahnya sedikit  tidak sepadan yang diminta. Hal itu disebabkan anggaran yang  dimiliki terbatas. Oleh karena itu bantuan sosial yang sudah diterima  diharapkan dimanfaatkan  dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian layanan kesehatan bisa dilakukan secara mandiri oleh para lansia  supaya derajat kesehatannya bisa lebih meningkat.
     Diutarakan usia lanjut menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintah  untuk menilai salah satu keberhasilan kesejahteraan masyarakat. Dengan meningkatnya umur harapan hidup masyarakat Temanggung yang saat ini mencapai 72,14 tahun berdampak terhadap meningkatnya populasi usia lanjut dan padagilirannya  permasalahan  usia lanjut akan muncul, baik yang menyangkut masalaha kesehatan, sosial ekonomi dan budaya.
     “Oleh karena itu kepada para lansia hendaknya menjaga pola makan , istirahat cukup dan berolahraga agar sehat. Biasanya timbulnya penyakit dipicu pola makan yang salah misalnya  terlalu banyak kolesterol dan lain-lain” harapnya.
     Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Temanggung, Giri Suhodo menjelaskan,  bantuan paket alat kesehatan yang diserahkan  berupa   timbangan, alat  pengukur tensi,  alat  pengukur kolesterol dan gula darah   serta peralatan lainnya. Bantuan bertujuan untuk memberikan  fasilitas alat kesehatan guna menunjang pelayanan kesehatan lansia  supaya lebih meningkat. Diutarakan,  pelayanan kesehatan lansia merupakan salah satu kegiatan  pelayanan kesehatan unggulan yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung.    
     “Posyandu Lansia  secara rutin dilakukan  di tiap desa  berupa pemeriksaan kesehatan, konseling, penyuluhan dan kegiatan  lainnya. Posyandu lansia penerima bantuan tersebar di Kecamatan Kranggan, Kandangan, Parakan dan Temanggung “ tandasnya seraya menambahkan saat ini sudah  ada 680 kelompok lansia tersebar di 20 kecamatan.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait