Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PERINGATAN HARI KOPERASI

Selasa, 21 Juli 2009 Perekonomian
PEMKAB TEMANGGUNG PERINGATI HARI KOPERASI

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung  mengadakan peringatan hari Koperasi ke-62  dipendopo pengayoman Sabtu kemarin (18/7). Acara peringatan dihadiri Wakil Bupati, Muspida, pejabat terkait dan diikuti  segenap jajaran pengurus dan anggota Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Temanggung.
     Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah  Republik Indonesia Suryadharma Ali dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Ir. Budiarto, MT  mengatakan,  melalui hari jadi Koperasi ke-62  diminta jajaran perkoperasian untuk bersikap dinamis, positif dan optimis menatap masa depan yang lebih cerah. Dengan sikap tersebut lanjutnya, diharapkan tumbuh  prakarsa kreatif untuk melakukan kerjasama  dari semua komponen bangsa untuk menjawab tantangan perubahan global.
     “Kita bertekad untuk mengelola perubahan dengan cerdas dan arif  dilandasi semangat kebangsaan, kerakyatan dan kemandirian untuk menjadi tuan rumah dinegeri sendiri” tandasnya.  
     Menurutnya disamping globalisasi, koperasi Indonesia memiliki  tantangan   untuk memperbaiki  citranya sebagai  kumpulan golongan ekonomi lemah pemburu fasilitas. Selain itu  kontribusinya yang meskipun  secara sosial cukup tinggi, namun secara nominal masih sangat rendah dalam perekonomian  nasional dibanding  badan usaha swasta. Disisi lain juga menghadapi tantangan  semakin rendahnya  kesadaran masyarakat  untuk bergotong-royong  melalui  koperasi seiring  dengan meningkatnya modernitas dan individualisme.
     “Menjawab berbagai  persoalan tersebut, koperasi Indonesia kedepan hendaknya memantapkan perannya dengan kembali pada jati dirinya. Sejak didirikan satu setengah abad yang lalu, koperasi bukanlah semata sebagai badan usaha, namun manifestasi ideologi ekonomi atas dasar nilai-nilai swadaya, tanggungjawab, persamaan, keadilan dan kesetiakawanan” ujarnya.
     Sementara Ketua Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPINDA) Temanggung Saluki Choironi mengatakan, perjalanan panjang  eksistensi koperasi  dalam perekonomian bangsa, identik dengan sejarah  perjuangan bangsa. Paham kebersamaan dan azas kekeluargaan lanjutnya telah bersemayam didada setiap insan koperasi sebagaimana yang dicetuskan  bapak koperasi Bung Hatta.
     Dia mengutarakan,  sekarang ini  sedang bergema  globalisasi dan pasar bebas yang pada hakekatnya  memunculkan kembali  rekolonialisasi dan reimperialisme. Namun demikian  koperasi masih relevan  meskipun  para pesaing telah gigih  untuk menghancurkannya. Hal ini selaras  dengan  tema  peringatan hari koperasi ke-62, memantapkan  peran gerakan koperasi dalam dinamika perubahan global. (Hms09/Edy Laks)

Berita Terkait