Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

POLRES PERINGATI HUT SATPAM KE 33

Selasa, 31 Desember 2013 Umum
TEMANGGUNG,  POLRES  Temanggung menggelar upacara peringatan hut Satuan Pengamanan (Satpam) ke 33 tahun 2013  di halaman Polres  Senin (30/12).  Bertindak selaku Inspektur  upacara Wakil Bupati Irawan Prasetyadi  dihadiri FKPD  dan pejabat terkait  serta diikuti Pelton TNI/POLRI, Satpol PP, satpam dan unsur terkait.
     Kapolri Jenderal Polisi Sutarman dalam amanat tertulis yang dibacakan inspektur upacara mengatakan, Perkembangan situasi kamtibmas dewasa ini menunjukkan berbagai permasalahan bersumber dari aspek kehidupan sosial. Bila hal ini tidak diantisipasi dan ditangani dengan baik, fenomena diatas dapat menimbulkan berbagai bentuk kejahatan bernuansa konvensional maupun transnasional.
     Selain mengungkap rasa syukur pada Tuhan, HUT tersebut dimaksud sebagai intropeksi tentang banyak hal yang belum terlaksana secara baik serta sebagai dasar memperbaikan diri guna menciptakan masa depan satpam menuju satpam yang dapat dibanggakan masyarakat dalam upaya mengantisipasi berbagai tindak kejahatan yang belakangan ini semakin menunjukkan trend meningkat.
     Polri menyadari tanpa peran serta masyarakat membantu tugas kepolisian dalam upaya menciptakan stabilitas kamtibmas, Polri tak dapat berbuat banyak. Berdasarkan hal tersebut komitmen dan kerjasama semua pihak serta seluruh stake holder perlu dirancang lebih baik. Mewujudkan hal tersebut berdasarkan UU RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara, pihak kepolisian membentuk satuan pengaman swakarsa melibatkan peran serta masyarakat.
     Polri sebagai penanggung jawab dituntut mengawasi dan membina PAM Swakarsa melalui berbagai pelatihan dan kursus spesialisasi. Guna penertiban dan mempermudah audit, pihak kepolisian menerbitkan surat ijin operasional dan sertifikat. Sampai akhir tahun 2013 POLRI telah memberikan pelatihan bersertifikat kepada 211.994 anggota satpam di seluruh Indonesia
     “Dari sisi kuantitas keberadaan Satpam terus mengalami kemajuan namun dari sisi kualitas masih memerlukan peningkatan. Lena menghimbau segenap Satpam lebih giat mengikuti pelatihan, pembenahan jenis dan mutu latihan serta meningkatkan dispilin dan ketaatan dalam memenuhi standar kompetensi personel satuan pengamanan,” Ujarnya.(Hms13/Edy Laks )

Berita Terkait