Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MUI KECAMATAN TEMANGGUNG GELAR PENGAJIAN MAULUD NABI

Rabu, 22 Januari 2014 Keagamaan
TEMANGGUNG, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Temanggung menyelenggarakan pengajian peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW Selasa kemarin (21/1) di Graha Bhumi Phala komplek Setda Kab Temanggung. Pengajian diisi ceramah agama oleh KH Yakub Mubarok yang juga menjabat ketua MUI Kabupaten Temanggung dihadiri Wakil Bupati, Muspika Kecamatan Temanggung dan pejabat terkait serta diikuti para  alim ulama  dari 20 Kecamatan.
     Yakub Mubarok dalam ceramahnya mengatakan, melalui momentum peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW  diharapkan umat Islam mampu  memahami sejarah  perjuangan dan kepemimpinan Nabi  Muhammad. Dengan   demikian   bisa meneladani  sifat-sifat Nabi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nabi Muhammad merupakan sosok yang istemewa karean lahir, hijrah dan wafat pada hari yang sama. Diutarakan  salah satu  sifat kepemimpinannya    yang paling mendasar yang belia contohkan yakni mengutamakan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan. Hal itu dilakukan kanjeng Nabi ketika akan memindahkan hajar aswat yang kal itu menjadi pertentantangan  berbagai kelompok umat. Namun Nabi Muhammmadmengambil langkah bijaksana hajar aswat diletakkan di selembar sajadah kemudian mengajak seluruh umat untuk diangkat bersama-sama diletakkan ditempat yang dituju.
     “Sifat kebersamaan dan kegotongroyongan  Nabi Muhammad hendaknya  bisa diteladani dan diterapkan  oleh umat Islam baik ulama, umaro maupun masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga  terwujud harmonisasi kehidupan yang sejuk, damai dan sejahtera,“ ujarnya.
     Disamping itu melalui momentum peringatan Maulud Nabi, umat Islam  hendaknya mampu meningkatkan iman dan taqwa kepadaAllah SWTsebagai dasar kehidupan. Hal itu diimplementasikan dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Untuk pedoman hidup lanjutnya    agar selamat dunia akherat harus memegang teguh pada ajaran Alqur’an dan sunah Rosul. 
     Wakil Bupati Irawan Prasetyadi dalam sambutannya  mengajak kepada segenap umat Islam bisa menteladani  Kepemimpinan  Nabi Muhammad SAW   yang menuntun umat  dari jaman kegelapan   menuju jaman terang benderang seperti sekarang ini. Dengan demikian manusia dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Selain itu  dengan memperingati Maulud Nabi, kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT terus  meningkat. Disisi lain memilki kepedulian sosial yang tinggi seperti  suka bersedekah  membantu fakir miskin dan menyantuni anak yatim.
     Ketua panitia yang juga ketua MUI Kecamatan Temanggung Muhammad Mandhur menjelaskan, peringatan maulud Nabi Muhammad SAW menjadi kalenderrutin program kerja MUI. Kegiatan tersebut  bertujuan sebagai wahana silaturahmi  antara ulama dan umaro guna meningkatkan  ukhuwah Islamiah yang berakhlakul karimah.(Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait