Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MUI SEBAGAI PENGHUBUNG ULAMA DAN PEMERINTAH

Kamis, 23 Januari 2014 Keagamaan
TEMANGGUNG, Majelis Ulama Indonesia (MUI) diharapkan mampu memainkan perannya  secara optimal sebagai  penghubung  antara ulama dengan pemerintah serta sebagai  penterjemah pemerintah  dan umat  guna menuju masyarakat Temanggung berkualitas dan bermoral.
     Harapan itu disampaikan Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi dalam acara silaturahmi  ulama dan umaron Selasa kemarin (21/1) di Graha Bhumi Phala Temanggung. Acara tersebut digagas oleh MUI Kecamatan Temanggung guna menyambut peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW  1435 Hijriah.  Wabup mengatakan keberadaan MUI merupakan mitra kerja Pemerintah, oleh karena itu diharapkan MUI dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan daerah  sesuai  perannya dbidang keagamaan. Bersatunya ulama dan pemerintah tegasnya  akan menghasilkan karya nyata yang berdaya guna dan berhasil guna bagi umat.
     MUI merupakan  wadah musyawarah para ulama  dan cendekiawan muslim, juga sebagai wadah pewaris tugas-tugas para Nabi, pemberi fatwa,pembimbing dan pelayan umat sekaligus sebagai penegak amar makruf nahi mungkar, tandasnya.
     Diungkapkan seiring era reformasi seperti sekarang ini, tepat sekali bila umat senantiasa meneladani Rosulullah Nabi Muhammad SAW yang memulai reformasinya dan membangun aqidah yang murni dan kokoh. Karena keberhasilan pembangunan rohani akan menyebabkan keberhasilan pembangunan jasmani. Oleh karena itu,  peran para ulama yang tergabung dalam wadah MUI berperan aktif menawarkan ide-ide dan gagasan dalam memberikan solusi pemecahan masalah keagamaan dan kemasyarakatan melalui pendekatan dan metode dakwah yang efektif.
     Ketua MUI Kabupaten Temanggung KH Yakub Mubarok menegaskan keberadaan MUI  merupakan mitra kerja pemerintah melalui jalur keagamaan. Sebagai wadah bersatunya para Ulama, MUI siap membantu dan mendukung  program-program Pemerintah  sehingga terwujud hubungan yang harmonis  antara ulama dan Pemerintah. Implementasi dilapangan, Ulama dan Pemerintah bersinergi dalam mengatasi berbagai permasalahan keagamaan dan kemasyarakatan  melalui pendekatan dakwah  bahasa agama yang efektif dan efisien. (Hms14/Edy Laks).  


Berita Terkait