Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BLH PROAKTIF BINA LINGKUNGAN

Minggu, 23 Pebruari 2014 Umum
TEMANGGUNG, Badan Lingkungan Hidup/BLH Kabupaten Temanggung selalu proaktif turun kelapangan bila mendapat laporan adanya dugaan pencemaran lingkungan dampak dari kegiatan operasional suatu perusahaan/kegiatan usaha.Hal itu dilakukan sebagai upaya agar berbagai kasus  pencemaran lingkungan bisa diatasi secara komprehensif tidak sampai menjadi persoalan hukum.
     Hal itu dikemukakan Demikian Sekretaris Badan Lingkungan Hidup/BLH Kab Temanggung Adi Nurtantio didampingi Kasubbid Evaluasi Dampak Lingkungan Atik Mahzuni di kantornya Rabu kemarin (22/1). Diakui selama ini BLH acapkali mendapat laporan dari masayarakat tentang dugaan pencemaran  lingkungan  akibat  dampak  kegiatan  suatu perusahan atau  badan usaha. Jika laporan  tersebut memang benar, maka dilakukan upaya pembinaan kepada perusahaan/kegiatan usaha yang bersangkutan agar mengatasi dampak pencemaran lingkungan yang ditimbulkan.
     “Upaya pembinaan yang dilakukan BLH  selama ini cukup efektif dan efisien, berbagai kasus  pencemaran lingkungan bisa diatasi  secara komprehensif tidak sampai menjadi persoalan hukum,” ujarnya
     Diutarakan selain proaktif turun kelapangan, BLH juga  secara berkala 6 bulan sekali  mengadakan monitoring dan evaluasi  ke berbagai perusahaan/kegiatan usaha  tentang pentingnya  menjaga situasi dan kondisi lingkungan  agar tidak tercemar. Dengan demikian  dalam operasional kegiatan usaha yang dilakukan  tidak mencemari lingkungan  sehingga  masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan atau tempat usaha tidak merasa dirugikan.
     “Jumlah perusahaan/kegiatan usaha yang menjadi binaan BLH se kabupaten Temanggung sebanyak 65 dan sudah memenuhi persyaratan UKLUPL (Upaya Kelola Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan). Pembinaan dilakukan rutin 6 bulan sekali,dengan demikian  bila ada keluhan pencemaran lingkungan bisa diantisipasi sedini mungkin,” tandasnya. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait