Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN

Selasa, 28 Juli 2009 Pertanian dan Perkebunan
PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAD)
57 GAPOKTAN DAPAT ALOKASI DANA

TEMANGGUNG, Program Departemen Pertanian yang langsung menyentuh masyarakat bertujuan mengurangi kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan wilayah melalui penumbuhan dan pengembangan usaha agribisnis di perdesaan sesuai dengan potensi wilayah.Pengembangan usaha agribisnis perdesaan dirancang secara berkelanjutan dan diharapkan menjadi embrio terbentuknya Bank Tani dimulai dengan bantuan modal Rp. 100 juta rupiah per desa per gapoktan.
     Untuk menyamakan persepsi dan kesepakatan-kesepakatan baik mekanisme penyaluran ataupun menciptakan tim yang solid, Senin (27/7) di Pendopo Pengayoman Komplek Aloon-aloon  Temanggung diadakan Sosialisasi Program Pengembangan usaha Agribisnis Perdesaan yang dibuka Bupati Temanggung dan dihadiri gapoktan, penyuluh pendaping, para camat, Penyelia Mitra Tani (PMT) dan SKPD terkait. Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Temanggung Ir. C. Masrik Amin Z, MM melaporakan bahwa pelaksanaan PUAD di Kabupaten Temanggung pada tahun 2009 merupakan tahun ke 2 dimana pada tahun 2008 mendapatkan alokasi 36 gapoktan di 36 desa tersebar di 11 kecamatan dan pada tahun 2009  mendapatkan kepercayaan melaksanakan di 57 gapoktan di 57 desa tersebar di 15 kecamatan.
     Untuk mengoptimalisasi program tersebut diperlukan adanya kesamaan pemahaman tentang kebijakan, pola materi, metode serta team work baik di tingkat Kabupaten maupun dalam pelaksanaan pembinaan di lapangan serta dengan pelaku utama gapoktan yang mantap dengan harapan program PUAD berjalan sesuai dengan harapan yang diinginkan jelasnya.
     Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi dalam sambutanya berpesan kepada semua pihak yang terlibat dalam program tersebut untuk mensukseskan program PUAD karena keberhasilannya sangat ditentukan oleh kerjasama dan komitmen seluruh pemangku kepentingan mulai tahap persiapan, pelaksanaan dari seluruh elemen yang terlibat. Diharapkan melalui program ini akan tumbuh kemampuan dan seswadayaan ekonomi petani diperdesaan serta sekaligus tumbuhnya Unit Usaha Otonom ditingkat Gapoktan.(Hms09/pakDhe)

Berita Terkait