Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HOME INDUSTRY KABUPATEN TEMANGGUNG

Rabu, 12 Mei 2010 Perekonomian
HOME INDUSTRY KABUPATEN TEMANGGUNG MAJU DAN MODERN

TEMANGGUNG, Kunjungan yang dilakukan oleh Bupati Temanggung, Drs. Hasyim Afandi ke pabrik tahu di Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung yang didamping oleh Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop UMKM), Ir. Roni Nurhastuti, M.Si, Selasa (11/5).
     “Kunjungan dilakukan karena pabrik tahu tersebut tergolong industri rumah tangga maju yang telah beroperasi menggunakan alat-alat modern”, ujar Roni Nurhastuti.
     Pabrik tahu yang beralamat di Desa Kedu RW 03 RT 08 Kecamatan Kedu ini mulai beroperasi pada tahun 2002 menggunakan peralatan produksi yang sederhana dan mampu memproduksi hingga 4,5 kwintal tahu setiap harinya. Hasil produksi didistribusikan ke daerah Kedu dan sekitarnya yang meliputi Kandangan, Temanggung, Pusen, dan Malebo.
     Mulai tahun 2009, pabrik tahu milik Siti Fatimah ini mulai beroperasi menggunakan peralatan modern dan tempat yang tertata, sehingga tempat proses pembuatan tahu mulai dari pencucian kedelai, penggilingan, perebusan lebih higienis dan terjamin kebersihannya.
     “Ini sudah stabil untuk sebuah pabrik dengan operasi 24 jam. Untuk ukuran home industry sudah luar biasa, sehingga harus ditambah bagaimana rasa, mutu, dan bentuk yang padat”, papar Bupati.
    Selain menghasilkan tahu dengan kualitas baik, pabrik ini berhasil mengolah limbah sendiri menjadi gas yang bisa dimanfaatkan untuk menggoreng tahu dan bisa mencapai omzet 4 juta rupiah per harinya.(Hms/Des/Eln)

Berita Terkait