Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WARGA TOLAK PENAMBANG PASIR

Selasa, 04 Pebruari 2014 Umum
TEMANGGUNG, Ratusan warga Desa Kwadungan Gunung Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung menyerbu penambangan galian c liar yang ada di daerah tersebut, Minggu (02/02).
     Penolakan pada penambangan galian c adalah kesepakatan warga dan itu bersifat mutlak. Penambangan berdampak buruk pada lingkungan, seperti berkurangnya sumber air warga, longsor dan perubahan suhu lokal yang menjadi panas.
     Wargal lainnya, Sulistyo (32) menambahkan pelarangan yang kemudian ada aksi penutupan galian c sebenarnya berulangkali dilakukan warga namun setiap harinya masih saja ada aktivitas penambangan, terutama di area yang berbatasan langsung dengan
     Desa Kruwisan Kecamatan Kledung.Pernah pula bupati menutup dan mendidirikan portal, tapi selang beberapa waktu aktivitas penambangan berlangsung lagi." Pintu-pintu masuk penambangan juga sempat dijaga Banser, Ansor dan serta Satpol PP,  tetapi setelah personil ditarik, aktivitas penambangan, berjalan lagi, dengan cara mencuri-curi," katanya.
     Ketua pemuda desa setempat, Untung Efendi (25) mengatakan warga melalui kelompok pemuda sudah meminta kesadaran para pemilik lahan untuk mematuhi peraturan dan menghentikan aktivitas penambangan. Dan hanya  seorang yakni Mus warga Dusun Kalikuto Desa Candimulyo Kecamatan Kretek Wonosobo, yang tidak mau mematahuinya. "Kami berharap pemilik lahan sadar dan menghentikan penambangan. Warga sekitar terkena dampak buruk dari penambangan itu," katanya. (Hms14/Paul)

Berita Terkait