Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ANTISIPASI LONGSOR BPBD BANTU KANTONG TANAH

Kamis, 06 Pebruari 2014 Bencana
TEMANGGUNG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung baru-baru ini mengirim bantuan ribuan kantong untuk dua dusun yakni Dusun Pucung dan Gedawung Desa Karangwuni Kecamatan Pringsurat. sebagaimana diketahui dua dusun tersebut saat ini dikhawatirkan terjadi longsor karean sebagain tanahnya  retak.
     Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Agus Widodo, dikantornya  mengatakan berdasar pemantauan terakhir, retakan tanah terus bertambah, baik jumlah mupun panjang dan kedalamannya, sehingga sebenarnya membahayakan keselamatan warga di Dusun Pucung dan Gedawung. Namun demikian, warga menolak mengungsi karena memandang retakan itu masih bisa ditangani dengan penambalan dan belum terlalu mengkhawatirkan.
     Sebagai upaya antisipasai BPBD mengirim bantuan kantong yang bisa dimanfaatkan untuk merekayasa tanah seperti menutup dan menambal retakan dengan membuat talud. Hal itu sebagai langkah mengembalikan tanah dan meminimalkan longsor. BPBD menetapkan siaga satu di Dusun Pucung dan Gedawung dan diminta warga tetap waspada. (Hms14/Edy Laks )

Berita Terkait