Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SATGAS BENCANA ALAM SIAGA 24 JAM

Senin, 10 Pebruari 2014 Bencana
TEMANGGUNG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung membentuk Satuan Tugas Bencana Alam yang bersiaga 24 jam. Tugas utama satgas memantau keadaan bila sewaktu-waktu terjadi bencana.
     Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Agus Widodo dikantornya  mengatakan tim bersiaga 24 jam di markas komando BPBD. Mereka memantau keadaan kewilayahan terutama pada daerah yang rawan bencana.dengan demikian bila waktu-waktu terjadi bencana tim bergerak menuju lokasi untuk menangani kebencanaan seperti menolong korban dan menyalurkan bantuan.
     Dikatakan tim satgas dibentuk akhir tahun 2013 dan mulai bekerja per Januari 2014. Tim beranggotakan 15 orang, yang terdiri 10 laki-laki dan 5 perempuan. Tim ini berkoordinasi dan bekerja sama dengan kepolisian, TNI, linmas, tim SAR dan elemen kemasyarakatan lain yang selama ini telah eksis, terutama dalam penanganan kebencanaan.
     Dalam melaksanakan tugas, tim satgas bekerja bersama dengan tim relawan lain, mereka menjadi inti dalam penanganan awal kebencanaan dari BPBD. Keberadaan satgas tersebut ditunjang dengan peralatan maupaun saranaprasarana guna menaggulangan bencana yang memadai, seperti sepeda motor, mobil, tandu bahkan juga perahu karet. (Hms14/Edy laks)

Berita Terkait