Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ANSOR TANGGAP BENCANA

Senin, 10 Pebruari 2014 Bencana
TEMANGGUNG, Gerakan Pemuda Ansor Temanggung siap membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana alam bila sewaktu-waktu terjadi . Sehubungan hal itu sebanyak 600 personel anggota Banser sudah disiapkan sehingga memiliki ketrampilan yang cukup untuk menangani bencana.
     Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Temanggung, Yami Blumut di kantornya kemarin menjelaskan Kabupaten Temanggung secara geografis termasuk kawasan yang rawan bencana banjir, angin ribut serta tanah longsor ketika memasuki musim hujan. Karena itu, ratusan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang tersebar di 20 kecamatan siaga untuk membantu sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Oleh karena itu, kepada jajaran Satkorcab banser dan Satkoryon Banser se-kabupaten Temanggung untuk siap siaga terhadap potensi bahaya bencana.
     Untuk siap siaga bencana itu PC GP Ansor menyiapkan sekitar 600 personel anggota Banser diberi pelatihan guna  meningkatkan kemampuan dan  ketrampilan teknis, sehingga akan memperlancar pertolongan dan antisipasi kemungkinan hal-hal yang selama ini belum dipahami, katanya.
     Menurutnya pengalaman selama ini  TIM SAR dan Bagana telah terbukti dan teruji ikut memberikan bantuan personil terjun langsung di lokasi bencana. Diakui, untuk kelancaran tanggap darurat Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Temanggung perlengkapan SAR dan Bagana sangat terbatas.Seperti diketahui, diantara kawasan yang rawan bencana i itu adalah Kecamatan Tretep, Wonoboyo,  Bejen, Gemawang, Kaloran dan lainnya. Pengalaman  pahit yang pernah terjadi, hendaknya warga tetap waspada  terhadap kemungkinan potensi bencana. (Hms/Edy Laks)

Berita Terkait