Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENARIKAN ZAKAT PNS BELUM OPTIMAL

Rabu, 12 Pebruari 2014 Umum
TEMANGGUNG, Penarikan zakat dikalangan PNS di Temanggung dirasakan belum optimal, baru tercapai 2 miliar dari perkiraan 4 miliar. Oleh karena itu, berbagai upaya harus dilakukan agar perolehannya meningkat.
     Demikian dikemukakan ketua umum Badan Amal Zakat (BAZ) Temanggung Irawan rasetyadi yang juga menjabat wakil Bupati Temanggung dalam suatu kesempatan belum lama ini. Diungkapkan dari gaji seluruh PNS sebanyak Rp 440 miliar, semestinya kalau dipotong 1 persen setiap PNS untuk kepentingan tersebut bisa mendapatkan dana Rp 4,4 miliar. Namun, karena ada PNS yang non muslim maka setidaknya bisa memperoleh Rp 4 M dari BAZ. Tetapi, kenyataan hasil dari BAZ tersebut hanya Rp 2 miliar lebih.
     Menurutnya infak dan sodaqoh nantinya tidak hanya pegawai negeri sipil (PNS), akan tetapi bisa di lingkungan perusahaan. Sebab, perusahaan juga memiliki tanggungjawab sosial terhadap masyarakat (Corporate Social Responbility/CSR). Bahkan bila perlu diatur lewat  peraturan daerah (Perda). Disamping itu penggalangan dana zakat, infak dan sodaqoh bisa lewat “Kadang Temanggung” yang diperantuan.          
     "Selama ini kadang Temanggung di Jakarta menyelenggarakan program lumbung zakat. Tidak ada salahnya bila  mereka  warga perantauan diminta untuk menyisihkan uang  guna membayar zakat/infak di daerahnya sendiri," ujarnya. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait