Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KEMENTRIAN PU SIAP BANGUN RUSUNAWA

Rabu, 19 Pebruari 2014 Umum
TEMANGGUNG, Kementrian Pekerjaan Umum siap membangun Rumah Susun Sederhana Untuh Warga (Rusunawa) di Kabupaten Temanggung pada tahun anggaran 2014 ini . Pembangunan Rusunawa bertujuan untuk menyediakan rumah  bagi warga utamanya keluarga kurang mampu yang belum meiliki rumah.
     Hal itu dikemukakan pejabat kementrian Pekerjaan mum maliki dari Jakarta  saat gadakan pertemuan dengan Wakil Bupati Temanggung dan para pemangku kebijakan  di ruanmg pertemuan komplek rumah dinas Bupati pendopo Pengayoman Senin (17/2). Hadir dalam cara tersebut anggota DPR RI Sujadi dan pejabat terkait.
     Maliki menegaskan kementrian Pekerjaan Umum pada prinsipnya siap membangun Rusunawa pada tahun 2014 ini  sepanjang pemkab Temanggung sudah  menyiapkan dokumen perencanaannya. Dokumen tersebut meliputi kepastian lokasi yang sudah disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan pembuatan Detail Engenering  Disaign (DED). Oleh karena itu diharapkan  hal tersebut paling lambat awal Mei 2014 mendatang sudah siap sehingga proyek segera bisa dikerjakan.
     “Jika dokumen perencanaan tersebut belum siap hingga paling lambat  awal Mei mendatang, maka proyek Rusunawa tidak bisa dilaksanakan. Karena hal itu  sudah menjadi ketentuan , pasalnya jika sampai molor maka proyek tidak dapat selesai akhir Desember 2014,“ tandasnya.
     Menanggapi hal itu Wakil Bupati Irawan Prasetyadi menegaskan bahwa segala okumen perencanaan  secepatnya akan disiapkan sesuai batas waktu yang ditentukan. Dengan demikian proyek rusunawa yang didamba-dambakan bisa segera dibangun dan selanjutnya bisa difungsikan sebagai tempat tinggal yang layak huni. Sebagai syarat tim dari Kementrian Pekerjaan Umum pusat saat meninjau calon lokasi proyek Rusunawa di eks tanah bengkok Kelurahan Kertosari Senin (10/2). Diutarakan saat ini banyak warga utamanya kalangan keluarga kurang mampu yang belum memiliki rumah yang layak huni. Oleh karena itu, Pemkab berencana membangun sarana perumahan model Rusunawa dengan berbagai fasilitas sehingga layak sebagai tempat hunian. Anggaran pembangunannya ujarnya bersumber dari  bantuan Kementrian Pekerjaan umum.
     Kepala Dinas Pekerjaan Umum Supardiyono menjelaskan, pembangunan Rusunawa pada tahun anggaran 2014 ini direncanakan  dibangun di 3 yakni di Kranggan, Kertosari Temanggung dan di Parakan Kauman. Lokasi proyek memanfaatkan tanah pemkab .Untuk yang di kranggan  lokasinya  sudah diratakan, sedang yang di Kertosari dan Parakan Kauman secepatnya akan disiapkan. 
     “Berdasarkan penjelasan dari Kementrian Pekerjaan Umum proyek rusunawa   di tiap lokasio dibuat twin blok (2 unit). Masing-masing unit  berukuran  panjang 60 meter lebar 20 meter  5 lantai.  1 blok kapasitas  rumah sebanyak 96 unit masing-masing berukuran seluas 24 meter persegi. Untuk pembangunannya nantinya diperkirakan menyerap anggaran Rp.15 milyar/twin blok. (Hms14/Edy Laks).

Berita Terkait