Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WABUP TINJAU WATU WAYANG

Kamis, 20 Pebruari 2014 Umum
TEMANGGUNG, Wakil Bupati Irawan Prasetyadi baru-baru ini (13/2) mengadakan kunjungan kerja meninjau watu wayang di Desa Gondosuli  Kecamatan Bulu. Setibanya di lokasi Wabup diterima Camat Bulu Usdimanto didampingi Muspika dan pejabat terkait.
     Pada kesempatan ini, Wabup Irawan menjelaskan kunjungan kerja bertujuan untuk melihat langsung watu wayang dengan segala keunikannya yang merupakan peninggalan nenek moyang. Diutarakan setelah  turun langsung di lapangan, watu wayang dengan lukisan tokoh-tokoh wayang yang dipahat diatas batu besar sudah seharuskan untuik dilestarikan dan diamankan. Oleh karena itu, diminta kepada jajaran pemerintahan desa dan warga sekittar untuk menjaga keberadaan watu wayang jangan sampai hilang atau dirusak orang.
     “Watu wayang ini sangat unik dan menarik  sehingga harus dilindungi ,bahkan potensial  dikembangkan menjadi tempat  berwisata  baik bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Apalagi tak jauh dari lokasi itu ada sendang yang mengalir sepanjang waktu dengan airnya yang jernih dan segar, tentu menambah keindahan,“ ujarnya.
     Dikemukakan, agar menarik banyak wisatawan yang berkunjung berbagai saranaprasarana perlu dibangun seperti jalan yang memadai sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan.  Oleh karena itu diharapkan partisipasai warga masayarakat sekitar untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkannya.
     Sesepuh Desa Gondosuli sekaligus juru kunci Watu wayang Darko Mahfud Afsani  menjelaskan, keberadaan watu wayang diperkirakan sudah berumur ratusan tahun. Siapa yang membuat dan kapan persisnya tidak ada yang tahu ujarnya. Dia menuturkan keberadaan watu wayang mengundang banyak orang yang berkunjung, bahkan ada yang bersemedi tak jauh dari lokasi.
     “Watu wayang ini memang unik diatas batu besar terukir  gambar berbagai tokoh wayang seperti arjuna, janoko, punakawan dan tokoh wayang lainnya.Bahkan pada setiap malam Selasa Kliwon kadang sayup-sayup terdengar suara orang bermain wayang,“ ujarnya.   (Hms14/Edy laks).

Berita Terkait