Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB TEGASKAN GALIAN C HARUS DITUTUP

Kamis, 20 Pebruari 2014 Umum
TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung menegaskan aktifitas penambangan galian C di Kledung harus ditutup, karena Temanggung bukan kawasan  penambangan. Oleh karena itu  aktifitas galian C yang disinyalir masih berlangsung agar dihentikan.
     Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Irawan Prasetyadi  disela-sela kunjungan kerja meninjau situs Liyangan Ngadirejo baru-baru ini (13/2). Diuatarakan Pemkab konsisten menegakkan peraturan daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2012 tentang rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) yang telah dibuat demi pelestarian alam di Kabupaten Temanggung. Oleh karena itu, penambangan galian C jelas melanggar perda itu, sehingga harus ditutup.
     Disamping itu sesuai ketentuan Pemprov Jateng menyebutkan bahwa Kabupaten Temanggung bukan daerah yang ditetapkan menjadi kawasan penambangan. Dengan demikian bila ada kegiatan penambangan galian C otomatis tidak bisa dibenarkan.
     “Aktivitas penambangan galian C terutama di Kledung harus ditutup demi terjaganya kelestarian lingkungan. Kecuali di liyangan Purborejo masih diperbolehkan karena untuk mendukung ekskavasi situs,“ tandasnya. 
     Berdasarakan pantauan dilapangan Dikatakan, dalam beberapa tahun terakhir, ada sejumlah aktivitas penambangan galian C di wilayah Kledung, terutama di Desa Kwadungan Gunung. Dampak penambangan itu mengancam terjadinya  longsor pada pemukiman warga di Dusun Krincing, kekeringan dan tidak lancarnya irigasi. (Hms14/Edy Laks ).

Berita Terkait