Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WARGA MINTA PEMERINTAH BANGUN RUMAH BUDAYA

Senin, 24 Pebruari 2014 Umum
TEMANGGUNG, Warga Desa Purbosari berharap pemerintah menyediakan tempat khusus untuk menyimpan benda-benda budaya yang ditemukan di Situs Liyangan. Tempat itu sekaligus berfungsi sebagai pemajangan benda budaya atau museum. Sehingga warga yang berkunjung bisa mengetahui perjalanan sejarah.
     Kepala Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo, Muhammad Ansori, Sabtu (22/2) mengatakan benda budaya temuan di Situs Liyangan tercecer dalam penyimpanan dan rawan hilang. Sebagian tersimpan di pos penjagaan situs, rumah penduduk dan komplek perkantoran pemerintah Desa Purbosari.
     "Meski terdata dan tersimpan dengan baik, tetapi alangkah lebih baik bila pemerintah menyediakan bangunan khusus sebagai tempat penyimpanan benda budaya," katanya.
     Dikatakan, pihaknya telah meminta pada pemerintah, sebab benda-benda temuan mempunyai nilai historis yang sangat tinggi dan bisa mengungkap sejarah nenek moyang Temanggung masa lalu. Warga tidak ingin benda-benda budaya yang ditemukakan dibawa keluar dari desa. " Apalagi sampai jatuh ditangan orang luar negeri," tegasnya.
     Dikemukakan, temuan benda budaya di Situs Liyangan antara lain benda tajam sejenis pedang, guci, candi, arca, tulang-tulang dan tembikar. (Hms14/Paul)

Berita Terkait