Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PESTA SIAGA DIIKUTI 400 ANAK

Senin, 10 Maret 2014 Pendidikan
TEMANGGUNG, Kegiatan Pesta Siaga Tingkat Bina Wilayah Kedu, di SMP Negeri 6 Kabupaten Temanggung, yang digelar Kwarcab Temanggung tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi yang juga sebagai Kepala Mabicab Kwartir Cabang XI-21 Temanggung, wakil dari Kwarda Jateng, Ketua Andu Binwil Kedu, Mabicab dan ketua Kwarcab se Binwil Kedu dan Mabiran se Kab. Temanggung .
     Harno Susanto dalam sambutannya mengatakan,  Pesta siaga sangatlah penting dilaksanakan sebagai ajang kompetisi kepanduan anak-anak, sebab pesta siaga merupakan sarana yang tepat untuk menjalin persaudaraan, menambah teman, memperluas wawasan dan pengalaman baru, selain itu kegiatan ini juga bisa dijadikan media untuk mengasah pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan, memupuk kekompakan, pembentukan watak dan mental yang kuat, serta melatih sikap bhakti kepada masyarakat.
     Melalui pesta siaga yang mengangkat tema” Disiplin, Berani, dan Mandiri”, peserta akan berkompetisi, diuji dan didik mengenai pentingnya kesadaran dan tanggung jawab sebagai pramuka siaga dan dilatih untuk berkreatif, rajin, trampil serta bisa bergaya hidup hemat, cermat dan bersahaja.
     Sementara itu, Sugeng Philip,S.Pd selaku ketua Pembina  dalam laporannya mengatakan, dasar dari kegiatan itu adalah Undang-undang RI NO.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Keputusan Presiden No.24 Tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. Disamping itu SK KwarNas no 203 Tahun 209 Tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Dan SK KwarNas No.131/KN/76 mengenai Pesta Siaga.
     Seperti Pesta Siaga Sebelumnya, Pesta siaga kali ini bertujuan untuk : membina,menanamkan wawasan kebangsaan,kesadaran Berbangsa dan bernegara. Dan Memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa kejuangan bagi generasi muda Indonesia. Serta agar dapat terbentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri pada generasi sebelumnya. Dan Disamping itu juga untuk melatih Mental, kesehatan Jasmani dan Rohani.
     Dalam pesta Siaga ini setiap kwartir ranting mengirimkan 1 Barung Putra dan 1 Barung Putri dengan totol peserta  400 anak, “Philip menambahkan dalam pesta ini akan  diambil “ Barung Tergiat” 1,2 dan 3 putra putri dan “ Barung Tergiat Harapan” 1,2 dan 3 putra putri yang masing-masing akan mendapatkan tropy dan piagam barung terbaik. Sedangkan bagi Kontingaen Juara Umum akan medapatkan Piala Bergilir dari Binwil Kedu,” ungkapnya.(Hms14/Paul)

Berita Terkait