Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI BUKA PELATIHAN SAR

Senin, 17 Maret 2014 Sosial
TEMANGGUNG, Bupati Bambang Sukarno membuka pelatihan dasarpotensi SAR  Senin kemarin (10/3) di pendopo pengayoman. Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta disaksikan Pejabat Badan SARNasional, FKPD dan pejabat terkait. Pelatihan SARdiselenggarakan oleh SAR Provinsi Jawa tengah bekerjasama dengan Badan SAR Nasional.
     Bupati dalam sambutannya menyambut positif diselenggarakannya pelatihan SAR  guna meningkatkan kemampuan para petugas SAR  dalam menangani permasalahan bencana alam. Dengan demikian diharapkan para petugas SAR setelah selesai MENGIKUTI pelatihan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang cukup , sehingga  penanganan utamanya dalam menolong korban bencana bisa optimal.
     Direktur Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR Basarnas, Masekal Pertama TNI Suyadi Bambang Supriyadi mengatakan dipilihnya Temanggung untuk pelatihan potensi SAR, karena daerah ini merupakan salah satu kawasan rawan bencana. Temanggung merupakan lembah yang berpotensi terjadi bencana, antara lain gunung meletus, tanah longsor, dan banjir. Dikemukakan, dalam penanggulangan bencana, hal pertama yang harus dilakukan adalah pertolongan untuk menyelamatkan jiwa. Sedangkan tingkat selanjutnya, yakni penyelamatan, bagaimana membersihkan puing-puing, tanah longsor berekerja sama dengan aparat pemerintah daerah
     “Kabupaten Temanggung rawan bencana alam karena daerahnya berada di lembah antara gunung Sumbing, Sindoro, Merapi dan Dieng. Sehingga ancaman bencana sewaktu-waktu bisa terjadi. Untuk itu diperlukan kesiapsiagaan dari warga dan potensi-potensi SAR untuk penanganan kedaruratan dan kebencanaan,” ujarnya.(Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait